Wabup Sergai Hadiri Peluncuran TP2DD

Medan, 

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, Jumat (9/4/2021) menghadiri peluncuran Tim Percepatan dan Perluasan  Digitalisasi Daerah (TP2DD) guna memperluas transaksi digital khususnya transaksi pemerintah daerah di Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan yang digagas oleh Bank Indonesia Wilayah Sumut ini berlangsung di Hotel Adimulia Medan, dengan dihadiri Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Soekowardojo menuturkan, Kepala OJK KR V Sumbagut Yusuf Ansori, Wakapolda Sumut, KPPU Sumut dan juga seluruh kepala daerah se Sumut.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Soekowardojo menuturkan bahwa kegiatan TP2DD merupakan bagian dari upaya BI untuk mengakselerasi perluasan elektronifikasi dan digitalisasi di daerah. Di tengah pandemi, kebijakan strategis itu diharapkan dapat memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga pada gilirannya juga mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Selain pembentukan P2DD, pemerintah daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota diharapkan juga dapat segera membentuk TP2DD selambat-lambatnya satu tahun setelah diterbitkannya Keppres P2DD. TP2DD ini nantinya akan bertugas untuk menyusun strategi dan arah kebijakan perluasan

Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di masing-masing daerah serta memonitor dan mengevaluasi implementasinya,” bebernya.

Dengan terbentuknya TP2DD ini, Soekowardojo berharap

dapat mendorong optimalisasi pengelolaan keuangan pemerintah daerah serta menciptakan integrasi ekonomi dan keuangan digital di daerah, termasuk di Provinsi Sumut. Secara nasional, tercatat telah terbentuk sekitar 154 TP2DD  di seluruh Indonesia.

” Di Provinsi Sumut kini terdapat 22 pemerintah daerah  yang telah berkomitmen untuk mendukung perluasan digitalisasi daerah melalui pembentukan TP2DD. Ke depannya, kami berharap agar seluruh pemerintah daerah di Sumut telah membentuk TP2DD sehingga pengembangan serta perluasan digitalisasi di daerah akan semakin terakselerasi,” harapnya.

Lebih lanjut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, selain berperan dalam mengendalikan laju inflasi, pihaknya juga memiliki tugas untuk menjaga kelancaran serta mendorong ketersediaan layanan pembayaran nontunai melalui berbagai program elektronifikasi. Salah satu program yang menjadi prioritas pengembangan saat ini adalah melalui ETPD.

“Program ETPD merupakan suatu upaya yang tengah kami dorong bersama dengan pemerintah untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi nontunai. Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan potensi penerimaan serta mewujudkan tata kelola keuangan pemerintah daerah yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi pembayaran digital,” katanya.

Implementasi ETPD, katanya lagi,  menjadi salah satu indikator dalam roadmap pengembangan Smart City. Dimana dengan data transaksi keuangan yang terekam secara elektronik, dapat turut mendukung perumusan serta pengambilan kebijakan Pemerintah Daerah.

Dalam kesempatan yang sama,  Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan dengan peluncuran TP2DD

diharapkan pemerataan transaksi digital di daerah dapat meningkat.

“Kabupaten/kota lain hingga ke daerah harus meningkat transaksi digitalnya, ini sebagai langkah agar penggunaan uang elektronik dan transaksi digital bisa meningkat,”harapnya.

Sementara itu usai acara, Wabup Sergai Adlin Tambunan mengutarakan bahwa Pemkab Sergai menyambut baik peluncuran TP2DD. Selain untuk  memperluas transaksi digital, perluasan ETPD diharapkan agar masyarakat terbiasa dalam memanfaatkan ketersediaan layanan pembayaran digital.

” kita ketahui implementasi ETPD di Sumut sudah berjalan dengan baik. Oleh karenanya pemerintah daerah harus mendorong masyarakat agar terbiasa menggunakan layanan pembayaran digital sehingga akan melahirkan smart citizen khususnya di Sergai,” pungkas Wabup. (MC/Sergai/Rini/Ardi)

428 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *