Pemkab Sergai Komitmen Gali Potensi Wisata Pulau Berhala

Sei Rampah,

Rencana Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk memaksimalkan potensi Pulau Berhala mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Hal ini terlihat dalam rapat koordinasi dengan tim dari Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Selasa (13/04/2021).

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Darma H. Darma Wijaya menyampaikan ketakjubannya terhadap keindahan Pulau Berhala yang sudah acap ia kunjungi, termasuk saat ia secara langsung melihat momen saat penyu bertelur di malam bulan purnama di Pulau Berhala yang dinilai sangat berkesan dan dapat dijadikan salah satu objek unggulan wisata bahari di sana.

“Jika sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 37 tahun 2008 tentang Perubahan Atas PP Nomor 38 tahun 2002 tentang Daftar Koordinat Geografis Titik-titik Garis Pangkal Kepulauan Indonesia dan Keputusan Presiden RI No. 6 tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-pulau Kecil Terluar, di mana Pulau Berhala yang berada di Kecamatan Tanjung Beringin merupakan salah satu di antara pulau-pulau kecil dan terluar yang dimaksud dan merupakan lokasi prioritas  wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil dan terluar untuk tahun 2020-2024. Dalam RTRW Kabupaten Sergai, kawasan Pulau Berhala juga diarahkan sebagai kawasan konservasi penyu, terumbu karang dan jenis burung migran,” ucapnya.

Darma Wijaya berharap, kedepannya Pulau Berhala dapat menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan alternatif wisata bahari bagi keluarga selain tentunya jajaran destinasi wisata pantai yang sudah lebih dulu dikenal secara luas di Sergai.

Sementara itu Koordinator Kelompok Pulau-Pulau Kecil dan Terluar, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Dr. Ahmad Aris. SP., M.Si, menyampaikan jika pihaknya memiliki rencana untuk menggali dan memanfaatkan potensi Pulau Berhala, terutama dalam bidang Eco Marine Tourism.

“Kami sudah menerapkan hal yang sama di Pulau Nipah, Kota Batam, yang juga termasuk salah satu pulau terluar yang ada di perbatasan wilayah laut Indonesia. Saya lihat Pulau Berhala ini punya ikon tersendiri untuk wisata Bahari,” jelasnya.

Ia merinci, ada 2 faktor pendukung hal tersebut, yaitu kedekatan akses dengan Ibukota Medan dan banyaknya destinasi wisata yang bisa dinikmati seperti fauna penyu, snorkeling, fishing, tracking dan lain sebagainya.

“Kita berkeinginan untuk menggaet investor asing dan lokal untuk ikut mengelola dan membantu mengeluarkan potensi terbaik Pulau Berhala. Intinya kita ingin bagaimana menjadikan Pulau Berhala menjadi salah satu destinasi unggulan pariwisata tidak hanya di Sergai tapi juga di Sumatera Utara,” katanya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, Kepala Bappeda Sergai Ir. Hj. Prihatina, M.Si, mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI-AL I Belawan, perwakilan BPN Sergai serta perwakilan OPD terkait. (MC/Sergai/Ardi/Rini/Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *