Pemkab Sergai Gandeng Kemenpan RB dalam Penyusunan RPJMD

Sei Rampah,

 

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, hadir sekaligus membuka rapat pendampingan Kemenpan RB dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai tahun 2021-2026, bertempat di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati, Sei Rampah, Selasa (20/04/2021).

 

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menekankan jika perencanaan yang berorientasi kinerja (hasil/outcome) merupakan suatu keharusan yang mutlak saat ini dalam rangka memberikan jaminan bahwa perencanaan pembangunan daerah telah dirumuskan dengan baik guna menyelesaikan seluruh permasalahan maupun isu-isu strategis yang ada.

Ia melanjutkan, pandemi Covid-19 yang masih terjadi sampai saat ini telah memberikan dampak yang cukup besar bagi banyak pihak termasuk Kabupaten Sergai yang tidak luput dari dampak tersebut walaupun dari data yang ada, kondisi Sergai masih lebih baik dibandingkan dengan Provinsi Sumatera Utara bahkan nasional.

 

“Beranjak dari hal itu, maka pandemi Covid-19 dijadikan sebagai isu utama dalam RPJMD Kabupaten Sergai tahun 2021-2026 karena seluruh kinerja makro ekonomi dan sosial kita telah menerima dampak dari pandemi ini. Isu keterbatasan fiskal daerah juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh seluruh penyelenggaran pemerintahan. Efisiensi dan inovasi menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan pada periode ini dalam menjamin pencapaian visi Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius,” katanya.

 

Darma Wijaya menuturkan penerapan prinsip kinerja dalam perencanaan diharapkan akan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi saat ini. sehingga dengan segala keterbatasan, seluruh pihak tetap dapat mewujudkan visi yang telah ditetapkan.

 

Salah satu usaha Pemkab Sergai untuk mendukung hal tersebut, lanjutnya, adalah dengan menjalin sinergi dengan Kemenpan RB untuk memberikan pendampingan dalam penyusunan RPJMD Kabupeten Sergai Tahun 2021-2026.

 

“Pendampingan ini diharapkan akan dapat meningkatkan akuntabilitas RPJMD Kabupaten Sergai tahun 2021-2026. Kepada seluruh pimpinan perangkat daerah, kami perintahkan agar serius dan aktif. Mari manfaatkan kesempatan yang berharga dan langka ini,” tandasnya.

 

Sementara itu dalam sambutan singkatnya, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Ronald Andrea Annas yang juga didapuk jadi narasumber dalam kegiatan ini mengapresiasi RPJMD yang sudah disusun oleh Pemkab Sergai. Ia juga setuju dengan mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh para Kepala OPD dengan mendampingi kinerja anggota yang diembankan untuk melaksanakan RPJMD ini.

 

“RPJMD ini mesti fokus dan dapat direalisasikan secara maksimal demi mewujudkan visi-misi yang telah digagas oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati,” katanya.

 

Ikut hadir dalam kegiatan Asisiten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, Para Kepala OPD dan para Camat yang mengikuti langsung maupun secara virtual melalui Zoom Metting di area kerja masing-masing. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi)

247 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *