Pemkab Sergai Gelar Seleksi Kepala Desa Antar Waktu

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melaksanakan seleksi Kepala Desa Antar Waktu. Seleksi yang diikuti 13 peserta ini digelar di Aula BKD, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (20/04/2021).

Dalam sambutan Bupati Sergai H Darma Wijaya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemum Kesra) Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, menyampaikan jika pemilihan Kepala Desa Antar Waktu merupakan salah satu bentuk perwujudan demokrasi di Indonesia. Seleksi ini, lanjutnya, mengedepankan peran serta perwakilan komponen masyarakat sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.

“ Proses demokrasi adalah hajat kita bersama, hajat mulia untuk menentukan pilihan kita, dengan menjalankan aturan-aturan yang ditetapkan oleh UU serta menjunjung tinggi asas demokrasi sehingga terjalin alur yang penuh harmonis,” katanya.

Darma Wijaya meneruskan, pemilihan Kepala Desa antar waktu merupakan proses penggantian Pimpinan Pemerintah Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di mana nanti Kepala Desa yang terpilih dalam musyawarah desa antar waktu akan melanjutkan sisa masa jabatan dari Kepala Desa sebelumnya dan sisa masa jabatan tersebut sudah terhitung 1 (satu) periode.

“Jika bakal calon Kepala Desa lebih dari 3 orang, maka ada seleksi tambahan dalam tahapan pelaksanaan yang harus dilakukan, yaitu ujian tertulis dan tes wawancara,” sebutnya.

Dirinya kemudian merinci, tes tertulis terdiri dari psikometri dan wawasaan kebangsaan sedangkan tes wawancara meliputi kesetiaan terhadap Pancasila, UUD 1945, Pemerintah RI, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Masih kata Bupati, proses seleksi ini mendukung transparansi dan netralitas sehingga dalam prosesnya melibatkan lembaga non-pemerintah yang dalam hal ini adalah Lembaga Permata Pyscho Consultant yang berkedudukan di Medan.

“Kami percaya, profesionalisme dan nama baik Permata Pyscho Consultant dapat menjamin netralitas proses seleksi ini. Semoga kita semua dapat menjaga kekondusifan proses jalannya tahapan pemilihan Kepala Desa antar waktu ini secara demokratis. Kepada para kandidat Kepala Desa saya berharap agar saudara-saudara sekalian bersikap bijak dalam menerima hasil ujian tersebut, apapun hasilnya, menang atau kalah, terimalah dengan berlapang dada dan mensyukuri dengan apa yang sudah menjadi hasil dari tes wawancara dan ujian tertulis nanti,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan Kepala Dinas PMD Sergai Ikhas, AP, M.Si, serta tim Permata Pyscho Consultant. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi)

691 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *