3 Tahun Berturut-turut, Sergai Raih Predikat “B” di SAKIP-RB Award

Sei Rampah,

Setelah beberapa waktu yang lalu diganjar predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali memperoleh prestasi yang cukup baik pasca mendapat predikat “B” atas kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada SAKIP-RB Award 2020, yang disaksikan secara virtual oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, di Ruang Kerja Sekdakab, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (22/04/2021).

Dalam keterangannya, Sekdakab Faisal Hasrimy menyebutkan jika sama halnya dengan WTP yang diraih sebelumnya, predikat “B” ini juga merupakan prestasi yang diperoleh untuk kali ketiga secara berturut-turut setelah di SAKIP Award 2019 dan 2020, Sergai juga mendapat predikat serupa.

“Alhamdullilah, kita mampu mempertahankan prestasi nilai SAKIP B ini. Hal tersebut membuktikan jika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menilai positif kerja Pemkab Sergai dalam hal efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran,” ucap Faisal.

Faisal menjelaskan bahwa Kementerian PANRB setiap tahunya melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja. Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Ia menerangkan, semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu Instansi Pemerintah.

“Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB). Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil. Untuk tahun ini, Sergai mendapat predikat CC dalam kategori Reformasi Birokrasi,” jelasnya.

Dirinya melanjutkan, ada beberapa arahan penting yang disampaikan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo yang hadir secara langsung dalam acara ini, salah satunya terkait reformasi birokrasi lewat penyederhanaan birokrasi.

“ Tujuan penyederhanaan birokrasi ini adalah untuk mempercepat pelayanan, meningkatkan responsivitas birokrasi dan meningkatkan kualitas output birokrasi. Birokrasi yang baik dan bersih, sederhana fleksibel, serta didukung oleh proses tata kelola yang baik dan tepat serta SDM aparatur yang berkualitas akan menghasilkan Pelayanan Publik yang prima,” tandas Faisal.

Dalam SAKIP-RB Award 2020 ini, Provinsi Sumut meraih predikat B. Selain itu ada 6 kabupaten/kota di Provinsi Sumut yang juga meraih predikat B yaitu Asahan, Deli Serdang, Pakpat Barat, Sergai, Tanjung Balai dan Tebing Tinggi, sedangkan 2 Kabupaten berhasil menyabet predikat BB yaitu Humbang Hasundutan dan Samosir.

Ikut pula hadir dalam kegiatan ini Inspektur Sergai H. Gustian, SE, MM, Ak, Kepala BPKA Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si, Kepala BKD Sergai Drs. Dimas Kurnianto, SH, MM, Asisten Administrasi Umum, Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Kerja Patricia Banjarnahor, S.Sos, M.Si. (MC Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi)

45 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *