Wabup Sergai Ikuti Peringatan HUT Otonomi Daerah ke-25 secara Virtual

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti secara virtual peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-25, bertempat di Ruang Kerja Wabup Sergai, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (26/4/2021).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini diikuti oleh seluruh Kepala Daerah baik provinsi, kabupaten/kota, DPRD, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seluruh Indonesia.

Di sela-sela kegiatan, Adlin Tambunan menyampaikan jika seturut dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996, yang ditandatangani pada 7 Februari, menyebutkan bahwa tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju”. Seharusnya pelaksanaan peringatan semalam (25/04), namun karena bertepatan dengan hari minggu, akhirnya diundur ke hari ini,” ucapnya.

Adlin menuturkan, dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi gelaran peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25.

“Tadi Bapak Wakil Presiden menyampaikan banyak sekali poin penting dalam sambutannya. Salah satunya, ia mengusulkan agar penguatan otonomi daerah dilaksanakan melalui mekanisme pembinaan, pengawasan, pemberdayaan, serta sanksi tegas. Sinergi antara pembinaan dan pengawasan (binwas) umum oleh Kemendagri dengan binwas teknis oleh kementerian sektoral akan memberdayakan daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” kata Adlin.

Selain itu, lanjut Adlin, Wakil Presiden juga meminta agar penyesuaian produk hukum di daerah tidak boleh bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi tingkatannya.

“Terakhir, beliau mengajak segenap unsur bangsa membangun semangat kerja dan gotong royong di masa pandemi untuk masyarakat sehat, ekonomi bangkit dan Indonesia maju,” sebutnya lagi.

Berbarengan dengan kegiatan ini, Mendagri Tito Karnavian yang didampingi Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Akmal Malik juga berkesempatan meresmikan tiga sistem aplikasi layanan yang dibangun Kemendagri. Sistem aplikasi tersebut di antaranya Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah), Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda), dan Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Si-LPPD).

Mendagri mengatakan, ketiga sistem tersebut merupakan terobosan dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah untuk mengakomodasi urusan pemerintah daerah. Mendagri menjelaskan, misalnya bagaimana aplikasi Simudah dapat membantu aparatur sipil negara (ASN) pemerintah daerah dalam mengurus mutasi. Mendagri mengatakan, dengan Simudah ASN yang bersangkutan cukup mengunggah berkas persyaratan ke dalam sistem, tanpa perlu datang ke kantor Kemendagri.

Hadir pula di Kantor Wakil Bupati Sergai Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, Plt. Kakan Kesbangpol Kusmin, S.Pd, M.Pd, Kasi Intel Kejari Agus Adi Atmaja, SH, perwakilan Polres Sergai dan perwakilan Dandim 0204/DS.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *