Ikuti Rakor dengan Presiden RI, Wabup Sergai: Kita Fokus Penanganan Covid dan Perbaikan Sektor Ekonomi

Sei Rampah,
Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti rapat koordinasi Kepala Daerah Seluruh Indonesia bersama Presiden RI Joko Widodo secara virtual, bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (28/04/2021).
Saat dimintai keterangannya, Wabup Adlin Tambunan menyampaikan jika dalam rakor ini ada beberapa poin yang ditekankan oleh presiden, terutama perkembangan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan perkembangan ekonomi nasional.
“Dalam paparannya, Bapak Presiden concern betul terhadap aktivitas mudik. Presiden menitipkan pesan kepada seluruh kepala daerah agar mudik betul-betul dilarang dan diperketat pengawasannya agar tidak terjadi penyebaran pandemi antar daerah. Kejadian mencekam di India bisa jadi pelajaran penting bagi kita supaya sadar betul jika ancaman virus ini tidak main-main,” ujarnya.
Adlin menyatakan kebijakan pemerintah melarang mudik bukan untuk menghalangi silaturahim dengan keluarga tapi demi cakupan yang lebih luas, yaitu demi memastikan keselamatan masyarakat umum.
Program nasional vaksinasi, sebut Wabup, juga masuk dalam pembahasan rakor ini. Dia menyebut, pemerintah pusat meminta pemerintah daerah meningkatkan cakupan. Adapun pengadaan vaksin akan terus diupayakan oleh pemerintah pusat.
Adlin juga menyampaikan jika dalam kesempatan yang sama Presiden mengajak kepada seluruh Provinsi dan Kabupaten untuk menyegerakan belanja APBD, sehingga hasilnya dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat, seperti percepatan pencairan bansos dan BLT, agar roda ekonomi bergerak.
Tak hanya terkait pengendalian pandemi, Presiden Jokowi juga memberikan mandat kepada seluruh Kepala Daerah di Indonesia supaya lebih mempermudah para investor masuk ke daerah. Seturut dengan Presiden, Adlin menyatakan investasi merupakan kunci pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga antara penanganan Covid-19 dan investasi dapat sinkron serta saling mendukung.
“Kuartal kedua yakni bulan April, Mei, dan Juni akan menjadi penentu pertumbuhan perekonomian Indonesia. Semoga semuanya berjalan baik dan sesuai harapan,” tandas Adlin.
Ikut dalam rakor virtual ini Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kajari Sergai Donny Haryono, SH, Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, SH, mewakili Dandim 0204/DS dan Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *