Bupati Sergai Apresiasi Barantan RI yang Dukung Program Cetak Sawah Baru

Sei Bamban,

 

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya, Minggu (2/5/2021) usai melaksanakan upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), melanjutkan aktivitasnya dengan melakukan kegiatan olah tanah dan tanam padi bersama Kepala Badan Karantina Pertanian Republik Indonesia (Barantan RI) Ali Jamil, bertempat di Desa Sukadamai Kecamatan Sei Bamban.

 

Dalam keterangannya, Ali Jamil menyampaikan bahwa Barantan RI menargetkan penanaman padi di Sergai, Tanah Bertuah Negeri Beradat mencapai 44 ribu hektar pada periode musim tanam II (MT-II) April hingga September 2021.

” Target ini ditambah dengan minus realisasi target tanam pada periode Oktober-Maret 2021 lalu. Oleh karenanya, dengan semangat dorongan serta dukungan dari Pak Bupati akan menjadi motivasi bagi masyarakat kita semua. Mudah-mudahan target ini tercapai,” harapnya.

 

Untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) target tanam seluas 420 ribu hektar dan secara nasional mencapai 6 juta hektar.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ali Jamil mengapresiasi langkah Bupati Darma Wijaya yang melakukan cetak sawah baru. Menurutnya langkah ini sangat baik di tengah menurunnya luas baku lahan kita karena alihfungsi lahan.

” Seperti kita ketahui, terpakainya beberapa areal sawah Sergai untuk program strategi nasional seperti jalan tol, Pak Bupati bergerak cepat dengan melakukan cetak sawah baru. Ini merupakan kabar baik yang harus kita dukung bersama,” imbuhnya.

 

Selain itu, terkait permohonan eskavator, Diungkapkan Ali, bahwa perihal ini akan diteruskan hingga ke Menteri Pertanian.

 

“Terkait dengan permohonan eskavator untuk melakukan pencetakan sawah, saya akan laporkan ke Pak Menteri. Saya kira ini positif dan mudah-mudahan Pak Menteri bisa memberi perhatian khusus,” terangnya.

 

Dikesempatan yang sama, Bupati Sergai Darma Wijaya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Badan Karantina pertanian atas seluruh atensinya khususnya terhadap permohonan permintaan eskavator bisa terkabul sehingga mempercepat proses pencetakan sawah.

 

“Selama ini apa yang kita rencanakan ada sambutan baik. Harapan kami apa yang kita sampaikan tadi bisa tercapai sehingga tercapai semua yang kita harapkan bersama,” ucapnya.

 

Hingga saat ini, lanjut Bupati, sudah ada 100 ha lahan yang sudah dicetak. Ia akan memfokuskan lahan-lahan eks tambak yang ada di pesisir pantai dari mulai garis pantai Perbaungan sampai Bandar Khalipah untuk dijadikan sawah baru.

 

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini permintaan kita bisa terkabul dan bisa diproses dengan cepat serta semoga apa yang kita inginkan bersama dapat tercapai untuk menjadikan Kabupaten Sergau yang Mandiri, Sejahtera dan Religius,” pungkasnya.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *