Pemkab Sergai Ikuti Rakor Penegakan Prokes Secara Virtual

Sei Rampah,

            Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP bersama unsur Forkopimda Sergai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penegakan Protokol  Kesehatan (Prokes) melalui zoom metting bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (3/5/2021).

            Turut tergabung dalam Rakor Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Agama (Menag), Menteri Perhubungan (Menhub), Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Ketua Satgas Covid-19 RI, perwakilan Kapolri, mewakili Panglima TNI, perwakilan Jaksa Agung, dan perwakilan BIN.

            Dalam sambutannya Mendagri Tito Karnavian mengingatkan bahwa seluruh masyarakat agar bersama-sama tetap waspada terhadap pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai.

            “ Pak Presiden RI Joko Widodo dalam setiap kesempatan selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar jangan kendor dalam penerapan Prokes. Apalagi saat Ramadan menjelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah, kita wajib mematuhi Prokes karena jika tidak, bisa dipastikan lonjakan pandemi usai lebaran mengalami peningkatan,” ujar Mendagri.

            Sejalan dengan hal itu, katanya lagi, berkaitan dengan adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang tertuang dalam Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 harus sampai ke tingkat desa dan Kepala Dusun serta  RT/RW.

            Seluruh Menteri yang ikut dalam Rakor juga sepakat untuk menindaklanjuti (follow up) instruksi Presiden RI guna mencapai sinergitas yang maksimal khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19.

            Ketua Satgas Covid-19 RI, Doni Monardo melaporkan bahwa dibeberapa daerah telah terjadi peningkatan kasus konfirmasi Covid-19. Tentu hal ini menjadi perhatian khusus bagi semua para Kepala Daerah.

            “ Di Pulau Sumatera, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Jika keadaan ini masih terus berlangsung maka semua Rumah Sakit statusnya akan menjadi siaga. Saya berharap kepada Satgas Covid-19 untuk tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan mudik lebaran,” tegasnya.

            Usai Rakor zoom metting, Sekdakab Sergai H M Faisal Harrimy menyampaikan sebagai bagian dari penyelenggaran Pemerintah Daerah harus dapat menjabarkan instruksi Presiden RI kepada masyarakat terkait penerapan Prokes dan harus benar-benar dijalankan dengan maksimal.

            Faisal menyebut, kita tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya kerjasama dan sinergitas dari seluruh elemen untuk melaksanakan Prokes secara massif. Dibutuhkan keseriusan kita bersama dalam menangani pandemi ini, dan tentunya kita harus dapat menyatukan persepsi dan bersinergi agar masyarakat juga semakin waspada dan lebih ketat dalam menjalankan Prokes.

            “ Kita juga sudah mengaktifkan kembali posko-posko Satgas Covid-19 dan saya instruksikan kepada semua elemen masyarakat agar bersama-sama mengedukasi terkait pentingnya penerapan Prokes,” pungkas Faisal Hasrimy.

            Kapolres Sergai AKBP. Robin Simatupang, SH. M.HUM mengutarakan, sudah memasuki tahun kedua pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan hingga kini masih belum usai. Kita tidak boleh lelah dalam penanganannya, apalagi saat ini menjelang hari raya Idulfitri dimana banyak masyarakat yang abai terhadap Prokes dala menjalankan aktivitas sehari-harinya.

            “ Polres Sergai melalui Satlantas akan melakukan penyekatan dan penindakan terhadap masyarakat yang kedapatan melakukan mudik. Hal ini dilakukan semata-mata guna memutus mata rantai pandemi Covid-19 lebih meluas lagi,” pungkasnya.

            Hadir juga dalam Rakor, Pabung 0204/DS Mayor Inf. Makmur Siahaan, mewakili Kajari Sergai, para Asisten, serta OPD terkait.  (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi)

326 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *