Pemkab Sergai-BWSS Kolaborasi Benahi Sungai Belutu  

Sei Rampah,

Salah satu usulan kegiatan pembangunan yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam kunjungan kerja anggota DPR RI beberapa waktu yang lalu adalah normalisasi dan peninggian tanggul Sungai Belutu di bagian hilir sebagai upaya penanganan banjir.

Hal ini langsung direspons oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera II (BWSS) dengan melakukan rapat koordinasi bersama Pemkab Sergai dengan agenda Pembahasan Detail Engineering Desain (DED) Sungai Belutu dan Pembahasan Bantaran Sungai yamg terkena dampak, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (04/05/2021).

“ Kami mengucapkan terima kasih atas respons cepat pihak BWSS II terhadap permohonan kami untuk membenahi tanggul Sungai Belutu di Dolok Masihul,” buka Bupati dalam sambutannya.

Ia menerangkan, dasar Sungai Belutu sudah lama tidak dilakukan pengerukan yang layak sehingga mengakibatkan kedangkalan.

“ Dangkalnya dasar sungai tentu berpengaruh terhadap daya tampung air yang makin berkurang. Selama ini pengerukan terbatas dilakukan swadaya oleh gotong royong masyarakat,” sebut Darma Wijaya.

Selama ini, sebut Bupati, masyarakat tentu sudah bosan menghadapi bencana banjir sehingga diperlukan tindakan yang nyata dan berdampak agar permasalahan ini tidak lagi berlarut-larut.

“ Sudah saatnya bantuan yang kita berikan tidak lagi sebatas sembako, namun perbaikan dan solusi sampai ke akar masalah. Saya berharap kita semua yang hadir di sini bisa berkomitmen penuh untuk menyelesaikan permasalahan ini dan tentu diperlukan koordinasi lanjutan setelahnya. Mudah-mudahan sinergitas antara pusat dan daerah ini bisa terjaga demi merealisasikan Sergai yang bebas banjir,” pungkas Bupati.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja (Kasatker) OP BWSS II, Aron Lumbanbatu, menyatakan kesiapan pihaknya membantu Kabupaten Sergai mengatasi perbaikan dari hulu ke hilir sebagai langkah pencegahan banjir serta pembuatan tanggul.

“ Dalam prosesnya, kami mengusulkan agar Pemkab Sergai melakukan proses pembebasan lahan agar pihak dari pusat dapat melakukan alokasi dana dan pengerjaan bisa segera dilakukan. Kami juga meminta kerja sama dari pihak PUPR Kabupaten Sergai agar melakukan koordinasi jika ada pembangunan yang melewati area sungai,” katanya.

Dalam rakor ini hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH., SE., MKM, Kajari Sergai Donny Haryono Setiawan, SH, Perwakilan BPN, jajaran Kepala OPD, unsur Forkopicam dan Tokoh Masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *