Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Sei Rampah

Sei Rampah,
Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya Coronavirus Desease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mekakukan Sosialisasi tentang Surat Edaran (SE) Bupati terkait Pencegahan Covid-19 dan Larangan Mudik, bertempat di halaman Kantor Camat Sei Rampah, Selasa (4/5/2021).
Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Sergai Darma Wijaya, Asisten Ekbangsos,  Ir H Kaharuddin, Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, Kandis Kominfo Drs H Akmal AP, M.Si, Kadis Perhubungan MP Naibaho, S.Sos, Danramil, Lettu Muhammad Yasir Arif, Camat Sei Rampah, Nasaruddin Nasution, S.Sos,MM, Sekretaris Dinas Kesehatan  dr Helminur Iskandar, Perwakilan BPBD dan Kepala Desa se-Kecamatan Sei Rampah.
Bupati Sergai Darma Wijaya mengemukakan, bahwa menjelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah, memberi instruksi kepada seluruh Kepada Desa untuk melakukan berbagai upaya pencegahan pandemi masuk ke daerahnya. Salah satunya dengan melakukan penyekatan pintu keluar masuk desa tersebut.
Selain itu, katanya lagi, agar Kepala Desa mendata dan melaporkan setiap pendatang dan membawanya ke puskesmas untuk dilakukan rapid test.
” Setiap ada warga pendatang, agar perangkat desa bekerjasama untuk melakukan pendataan dan melaporkan serta dibawa ke puskesmas untuk dilakukan rapid test. Jika terindikasi penularan maka harus diisolasi mandiri,” kata Bupati.
Terkait dengan pembangunan, Bupati Darma Wijaya meninta agar para Kades mengalokasikan dana desa untuk pembangunan jalan desa dengan menggunakan conblok. Selain untuk membedakan proyek pembangunan antara jalan provinsi dan kabupaten, pemilihan conblok dinilai lebih kokoh minim biaya perawatan, jelasnya.
Sedangkan  untuk layanan kesehatan,  Puskesmas harus siaga melakukan rapid test kepada setiap pendatang. Dan menginformasikannya agar jangan takut untuk melakukan isolasi jika dinyatakan reaktif.
Diakhir sambutannya, Bupati Sergai  memastikan kepada Camat dan para Kepala Desa bahwa penerimaan tenaga kebersihan untuk tingkat desa tidak dipungut biaya, pungkasnya.
Sebelumnya Camat Sei Rampah, Nasaruddin Nasution melaporkan perkembangan Covid-19 di Kecamatan Sei Rampah berjumlah 42 kasus positif, 26 sembuh, 10 meninggal. dan 6 masih dalam perawatan.
” Sedangkan untuk kondisi Kamtibmas hingga saat ini masih aman dan terkendali. Kami juga telah melakukan perekrutan petugas kebersihan di desa sesuai dengan prosedur yang ditetapkan,” pungkasnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan dr Helminur Iskandar menyebut bahwa kematian akibat Covid-19 antara Kecamatan Perbaungan dan Sei Rampah berlomba-lomba, yang artinya masih sama-sama tinggi.
dr Helminur mengutarakan bahwa tren kematian akibat terpapat virus kebanyakan dialami oleh perempuan. Dengan demikian tak henti-hentinya kami imbau agar masyarakat mematuhi 5M yaitu, Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.
Saat ini Dinas Kesehatan Sergai telah menerima tambahan 110 vial vaksin. Oleh karena itu, kepada masyarakat jangan takut untuk divaksin. Vaksin aman dan halal serta demi memutus rantai pandemi, tandasnya.
Kegiatan dirangkai dengan pemberian masker dan hand sanitizer untuk disebarkan ke masyarakat.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *