Pemkab Sergai Gelar Rapat Persiapan Gebyar Vaksinasi Bagi 6.000 Lansia

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar Rapat Persiapan untuk kegiatan Gebyar Vaksinasi 6.000 Lansia bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (25/5/2021).

Hadir dalam rapat, Bupati Sergai H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Kapolres Sergai AKBP. Robin Simatupang beserta Pejabat Utama (PJU) jajaran Polres Sergai, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP. M.AP, para Asisiten, Kepala OPD serta para Camat dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sergai.

Dengan dimoderatori oleh Sekdakab H M Faisal Hasrimy, langsung menanyakan progres dan kesiapan pelaksanaan Vaksinasi Lansia pada hari Sabtu 29 Mei 2020 yang bertempat di SMKN 1 Perbaungan (Komplek Replika Istana Sultan Serdang).

“ Agar dipercepat proses screening terhadap lansia sehingga jumlah target dapat tercapai dan untuk dipastikan hari ini, semua lansia dapat di screening di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat. Selanjutnya, agar dipastikan Perangkat Desa dan Camat untuk serius mendukung dan melaksanakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit dalam laporannya mengatakan bahwa proses screening di setiap Puskesmas tetap dilakukan sampai pukul 18.00 WIB setiap harinya. Oleh karenanya, kepada masyarakat yang akan melakukan screening segera datang ke Puskesmas terdekat, ujarnya.

Kemudian, Kadis PMD Sergai H Ikhsan, AP, M.Si juga menyarankan agar APDESI tetap mengarahkan para lansia untuk mengikuti screening sebagai langkah awal vaksinasi massal pada hari Sabtu 29 Mei  2021 mendatang.

“ APDESI harus berperan dalam mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi bagi 6.000 lansia ini, dengan harapan kita bersama dapat memutus pandemi Covid-19,” tukas Ikhsan.

Begitupun dengan Kasatpol PP Sergai Drs Fajar Simbolon yang mengemukakan bahwa pihaknya akan menurunkan personil sebanyak 45 orang dan akan bekerja sama dengan jajaran Polres Sergai dalam pengamanan kegiatan vaksinasi massal ini.

Senada dengan Kasatpol PP Sergai, Kadis Perhubungan M P Naibaho, S.Sos juga akan menurunkan personil sebanyak 35 orang dan bekerja sama dengan Sat lantas Polres Sergai dalam pengamanan parkir dan arus lalu lintas di kegiatan serupa. Untuk lahan parkir sudah disediakan tempatnya di area Replika Istana Sultan Serdang.

Terkait dengan fasilitas jaringan internet, Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal, AP, M.Si melaporkan bahwa fasilitas WiFi akan terpasang sepenuhnya pada hari Kamis dengan tujuan untuk kelancaran proses vaksinasi massal. Terkait dengan speaker portable, Dinas Kominfo akan berkoordinasi dengan Humas Polres Sergai dalam pengadaan speaker portable ini.

“  Kominfo dan Humas Polres sudah melakukan sosialisasi vaksinasi massal ini melalui  berbagai kanal media seperti radio, media sosial  maupun spanduk dan baliho,” jelas Akmal.

Terakhir,  BPBD Kabupaten Sergai H. Henry Suharto menyampaikan bahwa akan ada masker dan hand sanitizer yang akan dibagikan kepada lansia yang mengikuti vaksinasi massal ini, ungkapnya.

Menanggapi laporan-laporan yang disampaikan oleh OPD terkait, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang menyampaikan agar proses screening disetiap Puskesmas, besok sudah selesai.

Sehubungan dengan peningkatan jumlah kasus konfirmasi Covid-19, disampaikan Kapolres bahwa patroli yustisi saat ini dirasa kurang efektif karena hanya pada daerah pinggiran jalan raya. Oleh karena itu, diharapkan adanya penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dimulai dari tingkat desa sehingga penyebaran Covid-19 dapat di tekan.

“ PPKM Mikro ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 dan juga menangkal peredaran narkoba di desa. Lakukanlah koordinasi antar instansi terkait proses isolasi terhadap masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19,” tutup Kapolres Sergai.

Arahan dan bimbingan Bupati Sergai H Darma Wijaya mengutarakan bahwa kegiatan vaksinasi massal ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Oleh karena itu, mari kita bersama laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh.

“ Paparan dan arahan dari Kapolres Sergai tadi sangat baik, maka dari itu tingkat kecamatan dan desa agar memaksimalkan PPKM Mikro dari tingkat desa. Mari bersinergi untuk memutus rantai penyebaran virus asal Wuhan ini,” tandas Bupati Sergai.

Senada dengan Bupati, Wabup H Adlin Tambunan juga mengimbau masyarakat khususnya para lansia untuk mengikuti screening dan vaksinasi massal yang digelar oleh Pemkab Sergai.

“ Semoga dengan digelarnya kegiatan ini, dapat menekan laju pandemi Covid-19 ini. Sedangkan untuk mengantisipasi jika terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang mengakibatkan seluruh rumah sakit yang ada di Sergai ini penuh, maka tempat isolasi akan disediakan di Rumah Dinas Kompleks Replika Istana Sultan Serdang ini. Mudah-mudahan hal ini tidak sampai terjadi. Dengan demikian tetaplah patuhi protokol kesehatan, semoga pandemi segera berlalu,” harap Wabup Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

11 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *