Pemkab Sergai Komitmen Tingkatkan Layanan Publik

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, melaksanakan monitoring, evaluasi dan pendampingan untuk pemenuhan standar pelayanan bagi OPD penyelenggara layanan publik khususnya Dinas Dukcapil, DPMP2TSP, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan serta UPT Puskesmas, bertempat di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (25/05/2021).

Membuka sambutannya, Sekdakab menyampaikan kepada seluruh OPD yang terkait langsung dengan pelayanan publik untuk terus melakukan peningkatan dan mendorong perangkat daerah agar memaksimalkan pemenuhan standar pelayanan dan variabel penilaian kepatuhan terhadap Standar Pelayanan yang akan dilakukan oleh Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara (Sumut) mulai awal bulan Juli 2021.

 

“ Seperti kita ketahui bersama, terdapat 9 variabel penilaian, mulai dari standar pelayanan, maklumat pelayanan, sistem informasi, sarana dan prasarana, ketersediaan pelayanan khusus, pengelolaan pengaduan, penilaian kinerja, visi, misi motto dan atribut petugas, yang mesti diperhatikan kualitasnya. Masing-masing variabel terdiri dari sejumlah indikator yang jumlahnya bervariasi. Jumlah indikatornya beda-beda, ada yang hanya satu indikator pada satu variabel, dan ada yang lima maksimal,” sebut Faisal.

Ia menyebut standar dari penilaian tersebut berfokus terhadap pelayanan publik, yang harus sesuai dengan undang-undang berlaku. “Yang namanya kepatuhan, maka harus sesuai dengan aturan. Misalnya saja dalam hal persyaratan, prosedur, jangka waktu, hingga biaya,” terang Faisal lagi.

Faisal menambahkan, sebagai pelayan masyarakat, para OPD terkait yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus memaksimalkan pelayanan karena pelayanan merupakan wajah dari kabupaten.

“ Jika pelayanan yang kita berikan baik, maka masyarakat kita juga akan senang dan nyaman. Hal sebaliknya juga berlaku. Maka dari itu mari bersama-sama kita menunjukkan totalitas dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Tentunya ini semua merujuk dan sesuai dengan visi yang diusung oleh Bupati dan Wakil Bupati Sergai, yaitu “Maju Terus”: Mandiri, Sejahtera, Religius,” pungkasnya.

Usai acara, Sekda Faisal Hasrimy meninjau tempat pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Sergai.

Hadir dalam kegiatan ini Asisiten Administrasi Umum Hj. Irwani Jamilah, S.SH, M.Si, Kabag Organisasi Patricia Banjarnahor, S.Sos, M.Si serta perwakilan OPD. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

368 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *