Pandemi Dekati 1.000 Kasus, Satgas Covid-19 Sergai Tegaskan Masyarakat Perketat Prokes

Sei Rampah,

Setahun lebih sejak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) jadi pandemi global, Kabupaten Serdng Bedagai (Sergai) masih terus berjuang melaksanakan percepatan penanganan pagebluk asal Wuhan ini.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menerangkan hingga hari ini, Rabu (2/6/2021) virus Covid-19 masihmenjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat Sergai.

Dirinya mengatakan, buktinya terlihat jelas dari jumlah total kasus konfirmasi Covid-19 yang saat ini sudah mencapai 907 atau hampir menyentuh angka 1.000 kasus.

“ Data terbaru per 31 Mei 2021, terdapat penambahan sebanyak 10 kasus konfirmasi dan 2 warga yang meninggal dunia. Rinciannya, 3 orang asal Kecamatan Tebing Syahbandar dengan identitas inisial AT (Lk, 29), DFA (Pr, 29) dan RH (Lk, 21), serta masing-masing 1 kasus dengan domisili korban tersebar di 7 Kecamatan yaitu inisial S (Pr, 49) asal Bintang Bayu, Se (Lk, 62) warga Sei Bamban, D (Pr, 39) asal Dolok Masihul, N (Pr, 49) asal Perbaungan, K (Lk, 44) asal Pegajahan, J (Pr, 54) dari Teluk Mengkudu dan MNS (Lk, 39) warga Tebing Tinggi,” terang Akmal.

Masih lanjut Akmal, 2 warga yang meninggal dunia akibat Covid-19 sama-sama berasal dari Kecamatan Teluk Mengkudu dengan identitas inisial K (Pr, 60) yang meninggal pada tanggal 29 Mei di RSUP H. Adam Malik dan dimakamkan dengan protokol kesehatan, sedangkan satu lagi warga yang meninggal dunia berinisial B (Lk, 53).

Di tengah pertambahan kasus yang cukup signifikan, Akmal mengatakan usaha penangangan terhadap warga Sergai yang positif Covid-19 masih terus berjalan.

“Di samping kasus konfirmasi, per tanggal 31 Mei juga ada 14 warga kita yang dinyatakan sembuh. Kecamatan Tebing Tinggi jadi daerah asal terbanyak warga yang sembuh yaitu sebanyak 4 orang, disusul kemudian Kecamatan Perbaungan sebanyak 3 orang, Tanjung Beringin 2 orang, dan masing-masing 1 orang warga asal Kecamatan Pegajahan, Sei Rampah, Sei Bamban, Dolok Merawan dan Silinda,” ucapnya.

Perkembangan terbaru yang terjadi, rangkum Akmal, menjadikan total kasus konfirmasi menjadi 907 orang dengan rincian 736 dinyatakan sembuh, 88 orang sedang dalam perawatan dan/atau isolasi mandiri serta 83 orang warga meninggal dunia.

“ Satgas Covid-19 Sergai dalam melaksanakan berbagai aksi untuk mendukung proses percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini. Selain aksi preventif dan penanganan maksimal terhadap para warga yang jadi korban, baru-baru ini juga sudah dilaksanakan gebyar vaksinasi yang menyasar 6.000 lansia. Kepada masyarakat kami tegaskan agar memperketat pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dengan menjalankan 5M yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Kita semua berharap pandemi ini segera berlalu,” pungkas Jubir Satgas Covid-19. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *