Temu Finalisasi Renstra 2021, Bupati Sergai: “Visi Maju Terus jadi Pijakan Menyusun Renstra”

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan hadir dalam pertemuan Finalisasi Rancangan Strategi (Renstra) Perangkat Daerah tahun 2021 yang diselenggarakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (02/06/2021).

Dalam sambutannya di hadapan para OPD yang hadir, Bupati Sergai menekankan pentingnya konsistensi dan keselarasan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan Renstra perangkat daerah.

“ Konsistensi ini menjadi penting agar visi “Maju Terus” yaitu Mandiri, Sejahtera dan Religius menjadi pijakan dalam menyusun Renstra OPD di Kabupaten Sergai. Karena visi ini merupakan pengejewantahan janji politik kami yang akan direalisasikan demi kepentingan masyarakat Sergai,” ucap Bang Wiwiek.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan jika pertanian dan infrastruktur jalan harus jadi aspek prioritas terdepan. Dirinya mengimbau kepada para penyuluh pertanian agar dapat bekerja maskimal dalam menyampaikan informasi dan referensi yang berkualitas kepada masyarakat, terkhusus para petani.

“ Belakangan ini hilangnya pupuk subsidi di pasaran menjadi masalah tersendiri bagi bidang pertanian. Namun untuk menanggulangi ini, kita juga harus bisa kreatif dan cerdas supaya jangan hanya terpaku pada pupuk subsidi. Lagi pula selain pupuk subsidi, ada alternatif pupuk lain yang bisa digunakan dan berfungsi lebih baik bagi hasil tanam,” ucap Bupati.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Konsultan Komunikasi dan Tata Kelola Pemerintahan OS Institute, H. Usman Effendi Sitorus menyinggung perihal pentingnya konektivitas atau saling berkesinambungan antara program kerja dinas yang satu dan dinas lainnya.

Dia menambahkan, OPD bisa merancang program yang tak harus muluk-muluk, cukup bisa terukur dan punya arah yang jelas.

” Jangan berpikir terlalu kompleks, yang ada nanti kebingungan dan malah terhambat dengan anggaran. Cari satu yang terkoneksi dengan lainnya dan manfaatnya juga terasa. Bahkan bisa mengkreasi program yang tidak menggunakan anggaran. Caranya? Bisa dengan melibatkan CSR dari pihak ketiga. Bahkan bisa saja menciptakan program yang menghadirkan anggaran,” ujarnya.

Usman kemudian menyebut telah disepakati arah pembangunan daerah yang terangkum dalam Sapta Dambaan (SAPDA) yang isinya mencakup Sekolah mandiri dan terampil, Masyarakat sehat dan religius, Pertanian berkelanjutan, Infrastruktur terintegrasi, Ekonomi berdaya saing, Wisata maju, dan terakhir Pengelolaan birokrasi Dambaan.

“ Semua perangkat pemerintahan harus mampu menerjemahkan SAPDA dengan terukur dan terarah. Harus tercipta konsistensi dan integrasi dengan RPJMD,” pungkasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Sekdakab H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, serta perwakilan OPD yang mengikuti pertemuan secara virtual lewat aplikasi Zoom meeting.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *