Pemkab Sergai Ikuti Sosialisasi Peraturan Kelembagaan Kemendagri Secara Virtual

Sei Rampah,

Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Sekdakab Sergai) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si, mengikuti Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Kelembagaan, yang dilaksanakan secara virtual lewat aplikasi Zoom Meeting, bertempat di ruang kerja Asisten Asdministrasi Umum, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (10/06/2021).

Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Dalam Negeri ini dilaksanakan secara offline berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta, serta diikuti oleh Sekretaris Daerah baik provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting.

Dalam keterangannya, Irwani Jamilah menyampaikan jika kegiatan hari ini bertujuan untuk menyosialisasikan pertauran perundang-undangan di bidang kelembagaan sebagai dasar pelaksanaan penyederhanaan birokrasi di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan seluruh pemerintah daerah.

“ Tadi disampaikan bahwasanya pemerintah daerah diharapkan segera mengusulkan penyederhanaan birokrasi paling lambat tanggal 30 Juni 2021 dan melaksanakan pelantikan selambat-lambatnya pada akhir Desember 2021. Acuan hal tersebut adalah peraturan KemenPAN-RB No. 17 tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional dan peraturan KemenPAN-RB No. 25 tahun 2021 tentang penyederhanaan struktur organisasi pada instansi pemerintah untuk penyederhanaan birokrasi,” ucapnya.
Ia kemudian melanjutkan, presiden menginstruksikan agar pelayanan sudah berbasis elektronik melalui sistem dan aplikasi, memberdayakan keahlian pada jabatan fungsional, serta meminimalisisir rentang kendali pengambil keputusan.


“Aturan ini diharapkan dapat mewujudkan eksekusi kebijakan yang dijalankan secara aktif, efektif, efisien dan profesional,” jelasnya.
Irwani menyebut, ada beberapa pihak yang menjadi narasumber lintas bidang dalam kegiatan ini yaitu Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemendagri, Rini Widyanti, SH, MPM, Deputi Bidang SDM KemenPAN-RB, Dr. Ir. Alex Deni, M.M, Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP, ME, dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl. SE, M.Eng, pungkasnya. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *