Wabup Sergai Terima Kunjungan BKKBN Provsu, Bahas Pendataan PK21

Sei Rampah,
Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, Kamis (10/6/2021) bertempat di Ruang Kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, menerima kunjungan kerja Koordinator Bidang Pelatihan dan Pengembangan (Latbang)
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tengku Lafalinda.
Dalam penyampaiannya, Koordinator Bidang Latbang Tengku Lafalinda mengatakan bahwa program Pendataan Keluarga tahun 2021 (PK21) di Kabupaten Sergai yang berlangsung mulai 1 April hingga 21 Juni mendatang sudah mencapai 92,92 persen dari target penduduk yang ditetapkan BKKBN Provsu. Angka ini cukup baik dibandingkan daerah lain yang masih minim pendataannya.
Sedangkan tujuan pendataan PK21 ini, katanya lagi, sebagai acuan dalam mengambil kebijakan dan langkah strategi yang akan diambil khususnya dibidang kesejahteraan keluarga berencana.
Kembali disampaikan Tengku Lafalinda, Sergai saat ini telah mencapai  sekitar 92,92 persen warga sudah terdata. Tinggal 7,08 persen lagi yang belum.
” Adapun kecamatan yang sudah 100 persen didata antara lain kecamatan Tanjung Beringin, Dolok Merawan, Sipispis, Tebing Tinggi, Pegajahan dan Bintang Bayu. Sedangkan sisanya yaitu 11 kecamatan masih belum memenuhi target dan yang terendah di Kecamatan Pantai Cermin yakni 74 persen,” terangnya.
Walaupun masih belum mencapai target, jelasnya, namun BKKBN sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Sergai. Kami ucapkan terimakasih ke Bupati dan Wakil Bupati atas perhatiannya terhadap pendataan keluarga tahun 2021 ini. Kegiatan serupa di kabupaten ini juga terus didukung oleh dinas terkait, salah satunya Bangga Kencana”tandasnya.
Menanggapi hal tersebut, Wabup Sergai Adlin Tambunan mengapresiasi pihak BKKBN Provsu yang telah bekerja dengan baik. Pendataan keluarga tahun 2021 ini diharapkan terus dilakukan hingga batas waktu yang ditentukan hingga mencapai target.
” Saya optimis PK21 akan selesai dan sesuai target hingga 21 Juni mendatang. Program bina keluarga harus menjadi fokus kita sesuai visi misi saya dan pak Bupati yakni Sergai Maju Terus, Mandiri, Sejahtera dan Religius. Oleh karenanya saya minta kepada petugas agar serius dalam bekerja dan mendata. Data ini nantinya akan menjadi acuan dalam mengambil kebijakan khususnya di bidang keluarga berencana,”imbuhnya.
Wabup menyebut, program pengendalian stunting juga menjadi fokus dari Pemkab Sergai. “Stunting harus turun atau bahkan zero stunting,” harapnya.
Selain itu saya juga berharap agar peredaran narkoba di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini harus diberantas karena berpengaruh pada kenakalan remaja dan angka pernikahan anak dibawah umur. Kenakalan remaja sering kali berawal dari rendahnya pendidikan dan penyebaran narkoba, pungkasnya.
Dikesempatan yang sama, Sekretaris Dinas P2KBP3A Kabupaten Sergai dr. Tetty Grace Marpaung menjabarkan terkait kendala pendataan keluarga tahun 2021 ini karena jaringan yang sulit khususnya di daerah pelosok.
“Kendalanya karena aplikasi smartphone dan jaringan internet,” sebutnya.
Turut hadir, Kabid Pengendalian Penduduk Sutarman, Kasi Pengendalian Penduduk dan Informasi Keluarga Yuni Nurmasari, Analis Data dan Informasi BKKBN Provinsi Erika Septiani serta Analis Kerjasama Rizky Nugroho.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *