Bentuk Pengurus Baru, FKUB Sergai Gelar Musyawarah

 Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri Musyawarah Pembentukan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sergai Tahun 2021-2026, yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (23/06/2021).

Sekdakab Faisal Hasrimy membuka sambutannya dengan menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa. Menjaga kerukunan antar umat beragama, katanya, punya tantangan sendiri mengingat sifatnya yang rawan dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“ Namun syukur Alhamdullilah, Kabupaten Sergai yang kita cintai, sampai saat ini masih dalam kondisi yang kondusif. Ini tak lepas dari peran dan usaha FKUB Kabupaten Sergai yang berhasil menjaga suhu keberagaman di Tanah Bertuah Negeri Beradat tetap sejuk,” pujinya.

Dirinya menilai, FKUB Kabupaten Sergai telah memberi bukti bagaimana koordinasi cepatnya dapat meredam dan mendinginkan suasana di tengah kondisi keberagaman yang tentu pasti ada dinamikanya sendiri.

Selain itu, Sekdakab menilai peran dan fungsi FKUB sangat penting sebagai komponen yang berperan aktif dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19, terutama menyukseskan program vaksinasi yang merupakan agenda nasional.

“ Salah satu masalah yang kita hadapi dalam pelaksanaan vaksinasi ini adalah beredarnya berita HOAX dan propaganda yang tak berdasar dari pihak-pihak tertentu. Di sinilah peran FKUB sangat penting. Sebagai forum yang diisi oleh para tokoh agama yang tentu memiliki pengaruh di tengah masyarakat, FKUB bisa menjadi role model yang suaranya didengar oleh masyarakat kita. Kalau alim ulama jadi contoh, masyarakat juga akan ikut,” ucap Faisal Hasrimy.

Dirinya berharap, kepengurusan FKUB yang baru dapat melanjutkan sukses pengurus lama yang berhasil menjaga kerukunan antar umat beragama di bumi Sergai.

“ Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan sukses kepemimpinan Bapak Irfan El Fuadi Lubis selama periode 2016-2021 dan kami berharap pemimpin selanjutnya dapat meneruskan kinerja baik tersebut,” tandas Sekdakab.

Sementara itu Ketua FKUB Kabupaten Sergai periode 2016-2021 Drs. H.M. Irfan El Fuadi Lubis menyebut jika proses pemilihan pengurus FKUB sangat berbeda dengan lembaga keagamaan lainnya.

“ FKUB ini hanya ada di tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota saja, tidak di pusat. Untuk pusat, FKUB ada di bawah naungan Pusat Kerukunan Umat Beragama, Kementerian Agama. Untuk rekrutmen sendiri, FKUB sifatnya ketat karena para peserta harus memiliki rekomendasi dari majelis agamanya masing-masing, dalam hal ini 6 agama resmi Indonesia yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Buddha, Hindu dan Kong Hu Chu,” papar Irfan Lubis.

Masih lanjutnya, pemilihan ketua untuk tingkat kecamatan didasarkan pada mayoritas agama di wilayah kecamatan tersebut. Misalnya di kecamatan A mayoritas Islam, maka ketua FKUB otomatis perwakilan Islam, namun untuk cakupan Kabupaten, perwakilan dari seluruh agama juga diakomodasi untuk memimpin minimal di satu kecamatan.

“ Pemilihan kepengurusan tidak berdasarkan angka atau voting, namun melalui musyawarah serta mufakat. Ini merupakan bentuk pengimplementasian nilai keberagaman dan kerukunan,” ucapnya lagi.

Ia berharap kedepannya para pengurus FKUB yang baru dapat menunaikan tugas dengan baik demi menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Sergai.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Plt Kaban Kesbangpol Kusmin, S.Pd, M.Pd, Kabag Kesra Arianto, S.Pd, M.Si, serta para pengurus FKUB Kabupaten Sergai. MC Sergai/Rini/Ardi/Vichan/Vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *