Tingkatkan Pengetahuan Tugas dan Fungsi, TP-PKK Sergai Gelar Pelatihan

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya, secara resmi membuka Pelatihan Tim Penggerak dan Ketua Kelompok-Kelompok (TPK3) PKK Bagi Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Sergai Tahun 2021, yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati, Sei Rampah, Rabu (23/06/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyebut dimasa pandemi saat ini, pola kerja dilaksankan dengan cara berbeda di mana pemanfaatan teknologi virtual lebih ditingkatkan. Ia melanjutkan saat ini Kabupaten Sergai sedang menaruh fokus lebih terhadap program vaksinasi di mana ditetapkan target peserta sebanyak 105.000 orang sampai tanggal 30 Juni ini.

“Saat ini target baru mencapai 40% atau sekitar empat puluh ribu peserta. Sehingga untuk itu, peran aktif Ibu-ibu PKK sangat kami harapkan dalam mengajak serta mensosialisasikan program vaksinasi kepada masyarakat, terutama kalangan lansia yang menjadi salah satu kelompok masyarakat paling rentan terpapar virus Corona,” kata Bang Wiwiek.

Keberhasilan 2 (dua) gelaran gebyar vaksinasi yang sebelumnya dilaksanakan tak terlepas dari peranan para Anggota PKK dalam mendistribusikan pesan positif terkait vaksinasi.

“ Kita mendapat apresiasi dari berbagai pihak pasca pelaksanaan gebyar vaksinasi lansia dan tenaga pendidikan beberapa waktu yang lalu. Tentu ini bukan hanya usaha kami. Kami tidak bisa melaksanakannya sendiri, peran Ibu-ibu PKK sangat penting dalam menyukseskan kegiatan ini,” ucap Bupati Sergai.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan saat ini Pemkab Sergai mengurangi lini anggaran yang tidak terlalu signifikan dan mengalihkan fokus pada pembangunan infrastruktur yang dapat secara langsung dirasakan oleh publik.

“ Salah satu yang saat ini sedang kita utamakan adalah pembangunan infrastruktur jalan di banyak titik. Dengan akses jalan yang baik, tentu akan berdampak langsung terhadap perekonomian. Jalan mulus, ekonomi bagus,” katanya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyampaikan agar dalam kegiatan pada hari ini para peserta dapat menyerap ilmu yang kemudian bisa diimplementasikan bagi masyarakat. Ia menyebut, PKK merupakan ujung tombak bagi pembangunan yang tumbuh dari bawah.

“ Keberadaan kaum perempuan tentu memiliki peran yang sangat strategis, apalagi di masa seperti sekarang, saat kita menghadapi tantangan pandemi yang masih berlanjut. Namun saya yakin, dengan bersinergi, kita mampu melewati semua permasalahan dengan baik,” ucapnya.

Ia menekankan agar seluruh ketua dan anggota yang tergabung dalam TP-PKK bisa mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga hal tersebut dapat mendukung realisasi visi Kabupaten Sergai yaitu menjadikan Sergai Maju Terus.

“ Tak lupa saya juga mengimbau agar PKK Sergai bisa memberikan perhatian khusus terhadap stunting. Lewat aksi dan kegiatan yang kita laksanakan, semoga memiliki dampak yang nyata untuk menekan angka stunting di Kabupaten Sergai,” ucapnya.

Kemudian dalam laporannya, Wakil Ketua TP-PKK Sergai Ny. Aini Zetara Siregar Adlin Yusri Umar Tambunan menyampaikan jika kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan kelompok TP-PKK di tiap daerah terhadap tupoksi masing-masing.

“ Selain hadir secara langsung, kegiatan ini juga dapat disaksikan secara virtual di 6 titik lokasi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Wakil Sekretaris I PKK Provinsi Sumatera Utara, Bapak Muhammad Nirman Subkhan Nasution dengan tema Kelembagaan PKK dalam Fungsi Sekretaris Tim Penggerak PKK dan Kasi Kesga dan Gizi Dinkes Sergai Wahdini, SST, M.Kes, yang menyampaikan materi perihal pencegahan dan penanganan stunting,” ucapnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, para Ketua dan Pengurus PKK se-Sergai.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *