Di Peringatan HANI, Bupati Sergai Beri Penghargaan Kepada Dua “Desa Bersinar”

Sei Rampah,
Bertepatan dengan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memberikan penghargaan kepada 2 (dua) desa, yaitu Desa Citaman Jernih dan Desa Bengkel di Kecamatan Perbaungan, menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar).
Kegiatan Peringatan HANI yang dilaksanakan secara virtual bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (28/06/2021), dihadiri langsung oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan.
Bupati menyampaikan keprihatinannya terhadap penyebaran narkoba di Kabupaten Sergai yang banyak menyasar anak muda. Yang lebih mirisnya lagi, sebutnya, korban penyalahgunaan barang haram ini rata-rata berasal dari kalangan menengah ke bawah atau kurang mampu.
“ Jerat narkoba ini seperti lingkaran setan. Korban awalnya diiming-imingi narkotika secara cuma-cuma. Kalau sudah ketagihan, disuruh beli. Kalau tidak sanggup beli, pilihannya kalau tidak berbuat kriminal, ya ikut jadi pengedar. Ini yang membuat narkoba mengkontaminasi dengan cepat,” ucapnya.
Bupati meyakini, desa merupakan bagian vital dalam usaha bersama pemberantasan narkoba.
“ Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memberantas narkoba. Salah satunya dengan mendukung eksistensi “Desa Bersinar”. Kalau Desa sudah bersih dari narkoba maka Insya Allah kabupaten ini juga secara umum bisa terbebas dari ancaman barang terlarang itu,” harapnya.
Bang Wiwiek, sapaan akrabnya, juga menegaskan dirinya siap menerima laporan dari masyarakat terkait peredaran narkoba di daerahnya masing-masing.


“ Masyarakat jangan takut melapor kalau punya informasi terkait penyalahgunaan narkoba. Saya apresiasi betul masyarakat yang berani melapor. Laporan yang saya terima akan langsung saya teruskan ke pihak berwajib. Pemkab Sergai juga bersedia menambah anggaran untuk mengintensifkan pemberantasan narkoba di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Ini benar-benar harus jadi usaha bersama,” katanya.
Senada dengan Bupati, Adlin Tambunan menyebut jika sinergitas penting sifatnya dalam memberangus zat adiktif ini.
“ Tadi dalam sambutannya secara virtual di acara HANI ini, Wakil Presiden RI, Bapak KH. Ma’ruf Amin menyebut jika pemberantasan narkoba bukan hanya tugas BNN, tapi ini adalah koordinasi dan kerja sama seluruh pihak yang ada di masyarakat. Kalau Desa Bersinar, Bebas Narkoba, maka Indonesia juga akan ikut bersinar,” sebutnya.
Di kesempatan serupa, Kepala BNNK Sergai Pinondang Porak Marganda menyebut pihaknya telah mencanangkan sejumlah kebijakan pemberantasan narkoba, di antaranya program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).
“ Semua pihak harus terlibat mendukung, termasuk 44 OPD yang ada di Kabupaten Sergai, mulai dari Dinas, Badan hingga Pemerintahan Kecamatan,” jelasnya.
Peredaran narkoba di Kabupaten Sergai, kata Pinondang, benar-benar sudah tahap yang memprihatinkan.
“ Bahkan ada anak di bawah umur, yang masih duduk di Sekolah Dasar, yang sudah menggunakan narkoba. Untuk itu kita harus perkuat langkah terpadu untuk memberantas habis peredaran narkoba. Mari bentengi diri kita, keluarga dan juga lingkungan tempat kita tinggal,” ucapnya.
Hadir dalam kegiatan ini Kajari Donny Haryono Setiawan, SH, Kepala PN Rio Barten Timbul Hasahatan, SH, MH, Kakan Kemenag Zulkifli Sitorus, S.Ag, MA, Ketua MUI H. Hasful Huznain, SH, Ketua FKUB Irfan El Fuadi Lubis, perwakilan Dandim, para Asisten, Staf Ahli dan sejumlah Kepala OPD.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *