Terima Audiensi Unsur Media, Wabup Sergai: Jurnalis Berperan Penting Mengedukasi Masyarakat

Sei Rampah,

Sinergitas Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan dunia jurnalistik terjalin erat sejak lama. Hal ini terlihat dalam rangkaian audiensi dengan pihak media massa yang diikuti oleh Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, bertempat di Ruang Rapat Wakil Bupati Sergai, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah (29/06/2021).

Adapun unsur media massa yang hadir pada audiensi kali ini adalah media Waspada, Tribun Medan dan dari organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sergai.

Kerja sama dan sinergitas antara pemerintah dan media menjadi pesan utama yang disampaikan oleh perwakilan jurnalis kepada Wakil Bupati dalam audiensi ini.

Wakil Pimpinan Redaksi (Wapimred) Harian Waspada Hang Tua Jasa Said menyebut kehadiran dirinya dan rekan-rekan dari Waspada bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan Pemkab Sergai.

“Lewat kesempatan ini ingin kami sampaikan bahwasanya kami siap membantu Pemkab Sergai dalam berbagai aspek,” sebutnya.

Selain itu dia menjelaskan kalau media massa saat ini mesti melakukan adaptasi di tengah masifnya digitalisasi dalam banyak bidang, tak terkecuali hal pemberitaan.

“Kami sadar betul kalau saat ini oplah cetak sudah mengalami penurunan akibat faktor pandemi Covid-19, belum lagi ditambah dengan rendahnya minat baca. Untuk mensiasati hal itu, kami melakukan ekspansi ke platform digital yang sekarang lebih populer dan diminati publik,” ucapnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Iin Solihin, Pemimpin Redaksi Tribun Medan. Ia mengatakan jika jaringan Tribun sudah menyiapkan berbagai “perahu” baru dalam menghadapi perubahan arus minat publik terhadap kebutuhan informasi dari media massa.

“Tribun sudah eksis di bermacam platform digital, mulai dari portal berita hingga sosial media popular seperti TikTok yang Alhamdullilah saat ini sudah mencapai angka pengunjung atau viewers yang cukup tinggi,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap dapat menjalin kerja sama dengan Pemkab Sergai utamanya dalam aspek publikasi pembangunan, baik fisik maupun non-fisik.

“Keterbacaan berita di media kami bisa dikatakan tinggi dan ini bisa dipantau secara real time. Untuk itu keunggulan ini bisa dimaksimalkan oleh pemerintah daerah sebagai media publikasi berbagai potensi yang dimiliki oleh Pemkab Sergai, seperti pariwisata, UMKM dan lain sebagainya,” ucapnya.

PWI Harap Sinergitas dan Peningkatan Perlindungan Terhadap Pekerja Media

Selain perusahaan media massa, audiensi dengan Wabup Sergai juga diikuti oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sergai yang merupakan organisasi yang mewadahi wartawan.

Ketua PWI Sergai, Anwar Siregar, mengatakan kehadirannya di kesempatan kali ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dan menyampaikan berbagai kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan organisasinya.

“ Beberapa waktu yang lalu kami menghadiri secara langsung Hari Pers Nasional (HPN) yang juga diikuti oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. Kami juga menyiapkan berbagai agenda produktif untuk tahun 2022, salah satunya melaksanakan kembali Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk meningkatkan kualitas para awak jurnalis di Kabupaten Sergai. Untuk itu kami berharap bisa menjalin kerja sama dengan Pemkab Sergai untuk merealisasikan hal tersebut,” jelas Anwar.

Di kesempatan kali ini Ketua PWI juga menuturkan keprihatinannya terhadap teror yang dialami oleh para jurnalis.

“Jurnalis merupakan profesi yang dilindungi UU. Saya menyampaikan rasa prihatin atas peristiwa teror yang dialami oleh rekan-rekan jurnalis dalam menjalankan tugasnya, mulai dari teror pengerusakan bahkan ada yang sampai kehilangan nyawa. Kami berharap perlindungan terhadap kerja jurnalistik semakin ditingkatkan kedepannya,” harapnya.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan oleh para awak media, Wakil Bupati menyebut jika ia dan Bupati Sergai H. Darma Wijaya sadar betul peran penting media massa dalam pembangunan daerah. Sinergitas dengan lembaga jurnalistik, sebutnya, adalah sesuatu yang niscaya dalam menjalankan proses pemerintahan.

“Media massa berperan penting dalam mendiseminasikan informasi positif pembangunan ke hadapan masyarakat. Masyarakat tentu perlu mengetahui apa-apa saja yang telah pemerintahnya lakukan dan kerjakan agar masyarakat juga ikut serta memberikan dukungan yang tentunya penting bagi kami,” ucapnya.

Wabup melanjutkan, saat ini pihaknya sedang gencar menggalakkan program vaksinasi di Kabupaten Sergai. Namun program yang menjadi agenda nasional ini dalam perjalanannya mendapatkan banyak tantangan, utamanya terkait beredarnya informasi palsu dan HOAX yang sedikit banyak mempengaruhi opini masyarakat terhadap vaskinasi.

“Karena itu kami membutuhkan bantuan media massa dalam mengedukasi masyarakat perihal pentingnya peran vaksinasi sebagai salah satu upaya kita mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di bumi Sergai. Kami yakin dan percaya, media massa memiliki daya yang besar untuk menciptakan opini positif masyarakat secara efektif dan pada akhirnya dapat membantu pemerintah mensukseskan program vaksinasi dan menciptakan kekebalan secara massal,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, menyebut untuk saat ini kerja sama Pemkab Sergai lewat Dinas Kominfo dengan pihak media massa hingga saat ini masih terjalin dengan baik, meskipun mengalami penurunan yang drastis akibat adanya kebijakan refocusing di tengah penanganan pandemi.

“ Bukan berarti kerja sama itu benar-benar habis. Kami tetap berusaha memaksimalkan sumber daya yang ada untuk mengakomodir sinergitas yang baik antara Pemkab Sergai dan media massa. Hal ini merupakan bentuk kesadaran kami akan pentingnya peran dan fungsi media massa bagi pembangunan daerah terutama dalam hal publikasi informasi terkait kinerja yang telah dilakukan oleh Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan,” pungkas Akmal.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, jajaran perwakilan perusahaan media dan PWI dan Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Rini Rahmayani, S.I.Kom, M.Si.(MCSergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *