Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sergai: “Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana”

Sei Rampah,

Memperingati Hari Pramuka, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan Apel Besar Peringatan Hari Pramuka tahun 2021 Tingkat Nasional secara live streaming sekaligus Pelantikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Sergai masa bakti 2021-2026, yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Sabtu (14/08/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) yang juga merupakan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy membuka sambutannya dengan mengucapkan Selamat Hari Pramuka yang ke-60.

“Sesuai dengan tema Hari Pramuka tahun ini, yaitu “Berbakti Tanpa Henti”, saya berharap kesempatan ini bisa menjadi momentum bagi seluruh anggota pramuka untuk senantiasa mengabdikan diri, Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana,” ucapnya.

Terkait pelantikan pengurus Pusdiklatcab dan DKC Gerakan Pramuka Sergai, Sekdakab menyampaikan jika ini merupakan langkah awal dalam proses semakin memajukan gerakan pramuka di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Pusdiklatcab merupakan lembaga yang bertugas untuk mendidik, melatih serta di akhirnya menciptakan tenaga pendidik yang kompeten dan berintegritas, ini dibuktikan lewat pemberian sertifikat kompetensi dalam bidang kepramukaan,” ucapnya.

Nantinya, lanjut Faisal Hasrimy, hal tersebut diharapkan dapat berdampak besar dalam mengembangkan SDM Gerakan Pramuka demi mengantarkan generasi muda Indonesia ke masa depan yang lebih baik.

Selanjutnya Sekdakab menyampaikan jika DKC Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah wadah yang mampu menjadi tempat untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam pengelolaan organisasi. Selain itu, wadah ini juga diharapkan turut mengembangkan bakat kepemimpinan dalam rangka upaya mengembangkan pribadi yang siap mengabdi kepada Gerakan Pramuka, masyarakat, bangsa dan negara, terkhusus di Kabupaten Sergai.

“Kepada seluruh pengurus yang baru dilantik saya ucapkan selamat bekerja dan selamat menjalankan tugas. Tunaikan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya sesuai dengan amanah yang tertuang dalam UU. Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka dan AD/ART Gerakan Pramuka,”  tandasnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Asisten Administrasi Umum Hj Irwani Jamilah, SH, M.Si, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, para Wakil Ketua Kwarcab, para Pembina serta para Dewan Kerja Cabang Kabupaten Sergai.

Sambut Hari Pramuka dengan Aksi Sosial

Dalam momen peringatan Hari Pramuka ini juga dilaksanakan penyerahan tali asih Kepada Pembina Pramuka atas nama Paimin Irwanto dari Pembina Tebing Tinggi sekaligus kunjungan ke kediaman Usman Siregar yang merupakan Pembina Pramuka di SD Sei Rampah. Sebelumnya juga sudah digelar “Ulang Janji” di mana dalam momen ini dilaksanakan perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji Satya Pramuka, Jumat (13/08) serta kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI dengan peserta yang terdiri dari para pembina dan anggota pramuka di Sekretariat Kwarcab dan Markas PMI Sergai, Senin (09/08/2021).

Di Bulan Bakti Pramuka dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-60 ini juga, Kwarcab Kabupaten Sergai telah melaksanakan bakti masyarakat lewat kegiatan penyemprotan disinfektan, sosialisasi dan pembagian masker ke masyarakat  yang dilakukan serentak di seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) dimotori oleh Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Kwarran di bawah kendali Kwarcab, pada tanggal 07 Agustus lalu.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

6.621 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *