Ketua Dekranasda Sergai dan Provinsi Sumut Kunjungi Galeri Suvenir di Pantai Cermin

Pantai Cermin,

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ny. Hj. Nawal Lubis Edy Rahmayadi berkunjung ke salah satu galeri suvenir di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Menday Gallery dan Souvenir, di Desa Pantai Cermin Kanan, Dusun 3 Gang Serai, Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (20/08/2021).

Di sela-sela kunjungan ini, Nawal Lubis memberi beberapa masukan penting kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Sergai, Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya dan masyarakat Desa Pantai Cermin Kanan, terkait pemaksimalan potensi karya kerajinan tangan dan suvenir.

“Penting kiranya mengetahui bagaimana caranya supaya kita bisa lebih inovatif. Salah satu yang bisa dicoba adalah desain, warna, motif dan sebagainya yang sesuai dengan selera anak-anak milenial. Jadi nantinya para milenial juga tertarik dan bangga menggunakan produk-produk UMKM, contohnya seperti souvenir ini,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, suvenir juga bisa didesain serbaguna untuk segmentasi konsumen lainnya.

“Misalnya kita membuat suvenir yang bisa dipakai untuk tempat menyimpan Al-Quran, Yasin atau juga sajadah. Ini pasti menarik minat, misalnya, Ibu-ibu perwiritan. Bisa juga dibuat suvenir untuk acara syukuran, pernikahan, acara formal, dan sebainya. Pokoknya kita kemas semenarik mungkin supaya orang yang melihat lebih tertarik untuk mengggunakannya,” katanya lagi.

Ia juga berencana memperkenalkan produk kerajinan Sumatera Utara, dan tentunya salah satunya produk dari Kabupaten Sergai, ke Jakarta pada salah satu kegiatan yang akan ia datangi.

Sementara itu Rosmaida Saragih menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kepedulian Ketua Dekranasda Sumut terhadap perkembangan kerajinan tangan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami menerima dengan baik segala masukan positif yang disampaikan oleh Ibu Nawal dan optimis hal tersebut bisa menjadi pendorong bagi kemajuan kerajinan tangan di Sergai,” katanya.

Rosmaida juga berharap kedepan semakin banyak warga Sergai, terkhusus di Pantai Cermin, yang tertarik melestarikan produk lokal UMKM dalam bentuk suvenir atau kerajinan tangan. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang, sektor kerajinan tangan bisa menjadi salah satu pilihan sumber pendapatan ekonomi.

“Memang penting sekali transfer ilmu dari mereka yang sudah mahir kepada orang-orang terdekat, misalnya keluarga atau tetangga, yang memiliki minat serupa di lingkungan sekitar. Sehingga orang yang mampu mengkreasikan kerajinan tangan tidak itu-itu saja, namun bertambah terus, sehingga produk kerajinan tangan bisa tetap lestari,” ucapnya.

Ia juga sepakat dengan salah satu saran terkait ketersediaan bahan baku.

“Saya sepakat dengan Ibu Ketua Dekranasda Sumut agar sumber bahan baku pasokannya bisa terjaga. Selain dengan memberdayakan masyarakat untuk menghasilkan sendiri bahan baku, kerja sama juga bisa dijalin dengan kabupaten tetangga yang mampu menghasilkan bahan baku untuk kerajinan tangan,” tandasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Siregar Adlin Tambunan, Kadis Perindag Sergai H. Karno Siregar, SH, MAP, Camat Pantai Cermin Aminuddin, S.Sos dan para kepala desa.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

 

528 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *