Tim Evaluator Kemenpan RB Evaluasi Pelayanan Publik di Pemkab Sergai

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menerima kunjungan Tim Evaluator Penilaian Kerja Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Ruang Tengku Rizal Nurdin, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (9/9/2021).

Membuka sambutannya, Koordinator Koordinasi dan Pemantauan, Analisis, Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Kebijakan di Bidang Pelayanan Publik di Wilayah I-1 Taufiq Hidayanto Setiawan, S.E., M.PubAdmin(Pol) menyampaikan tim evaluator yang dipimpin olehnya tidak sekadar melakukan penilaian tetapi juga akan ikut membimbing Pemkab Sergai dalam mekanisme pelayanan publik di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami mendapatkan informasi dari Bapak Bupati dan Pak Sekda terkait pelayanan publik di Sergai khususnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tentang adanya program KTP Keliling. Hal ini merupakan salah satu poin yang berharga bagi Tim Evaluator untuk menilai sudah sejauh mana pelayanan publik di Kabupaten Sergai ini,” ucap Taufik.

Ia melanjutkan Kalau pelayanan publik yang dilakukan sudah baik, nilainya evaluasi yang dihasilkan sudah otomatis akan baik.

“Namun jangan fokus mengejar nilai, tetapi mari kita lakukan hal-hal apa pun yang bisa kita pergunakan dan lakukan untuk meningkatkan pelayanan publik,” sambungnya.

Sementara itu Sekda Faisal menyampaikan Pemkab Sergai mempunyai komitmen untuk terus menerus melakukan peningkatan pelayanan publik. Katanya, hal ini dapat dilihat dari salah satu misi Kabupaten Sergai yaitu menyelenggarakan pelayanan publik dengan tata kelola pemerintah daerah yang bersih dan baik sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku.

Di samping itu, lanjut Faisal, pada tahun 2021 Kabupaten Sergai memperoleh hasil penilaian kepatuhan Standar Pelayanan Publik dengan skor 89,59 dan masuk ke dalam zona hijau berpredikat Kabupaten Kepatuhan Tinggi.

“Pemkab Sergai menyadari bahwa perwujudan pelayanan publik yang prima tidaklah mudah. Selain itu, akan ada selalu tuntutan agar penyelenggaraan pelayanan publik terus melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja, khususnya dalam situasi PPKM. Pemkab Sergai dan seluruh jajaran optimis akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi tuntutan dan keinginan masyarakat dalam pelayanan yang prima,” tegasnya.

Terakhir, Sekdakab meyakini hasil dari evaluasi pelayanan publik nantinya akan menggambarkan hasil kinerja pelayanan publik Kabupaten Sergai dan berharap hasil yang diperoleh akan menjadi semangat baru sebagai momentum untuk menuju masyarakat Sergai yang Maju Terus: “Mandiri, Sejahtera dan Religius”.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tinjauan langsung Tim Evaluator ke fasilitas pelayanan publik di beberapa titik, di antaranya di Disdukcapil dan Dinas PMP2TSP Sergai.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi dan Umum Irwani Jamilah,S.H, M.Si, Kepala Disdukcapil Fitriadi, S.Sos, M.Si Kepala Bagian Organisasi Kusmin S.Pd., M.Pd, Kadis PMP2TSP Dingin Saragih, S.IP, MM dan jajaran serta Perwakilan Disdukcapil. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *