Masyarakat Diminta Waspadai Akun Palsu Bupati dan Wabup Sergai

Sei Rampah,

Akhir-akhir ini banyak sekali akun palsu di media sosial yang mengatasnamakan seseorang, tak terkecuali milik Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai). Oleh karenanya, masyarakat harus berhati-hati terhadap beberapa akun palsu di sosial media khususnya yang mengatasnamakan Bupati Sergai, H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan.

Peringatan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di Dinas Kominfo Sergai, Sei Rampah, Jumat (10/9/2021).

“ Ditemukan beberapa akun kloning yang memakai identitas Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati di Facebook. Ini tentu perlu diwaspadai oleh masyarakat, terutama masyarakat Sergai, karena dikhawatirkan akun tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggujawab untuk tindak kejahatan,” ucap Kadis Kominfo.

Akmal memberi beberapa tips kepada masyarakat untuk membedakan dan menghindari akun-akun palsu yang beredar di sosial media.

“Pertama lihat isi akunnya. Akun palsu umumnya jarang atau bahkan tidak pernah mengunggah kiriman. Bisa dibandingkan dengan akun resmi Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan baik di Facebook atau Instagram yang rutin meng-update posting-an kegiatan kerja atau aktivitas sehari-hari,” ucapnya.

Kedua, cek daftar pertemanan. Biasanya, sebut Akmal, akun palsu belum berumur lama sehingga jumlah pertemanan sangat sedikit.

“ Selanjutnya yang terpenting, akun palsu akan menghubungi dan mengiming-imingi hal-hal tertentu yang mencurigakan. Saya mengimbau jangan sampai terperdaya apalagi menyerahkan materi atau data-data penting pribadi,” tegas Akmal.

Terakhir, Akmal memperingatkan agar masyarakat tidak sembarangan menerima pertemanan dari akun palsu tersebut dan mengabaikan saja atau tidak merespon pertemanan dari akun palsu Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan, pungkasnya. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

576 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *