Tingkatkan Peran Bunda PAUD Kecamatan/Desa/Kelurahan, Bunda PAUD Sergai Gelar Bimtek

Perbaungan,

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sekaligus Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, hadir dalam acara Pembukaan Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Kecamatan/Desa/Kelurahan se-Kabupaten Sergai tahun 2021, yang dilaksanakan di Restoran Bahagia, Perbaungan, Senin (20/9/2021).

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Kabupaten Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya menuturkan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Investasi dalam pendidikan, khususnya PAUD, merupakan faktor penting untuk bersaing di era globalisasi. Setiap daerah dituntut untuk dapat memberikan layanan pendidikan PAUD berkualitas, yang menggabungkan proses asah, asih, asuh sebagai upaya untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai prinsip holistik dan siap bersekolah,” ujarnya, sembari menambahkan kalau PAUD berkualitas memerlukan dukungan dari daerah, masyarakat dan pemangku kepentingan lain.

Rosmaida melanjutkan, salah satu pemangku kepentingan yang dipandang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas adalah “Bunda PAUD”. Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan, katanya, adalah predikat yang diberikan kepada istri Kepala Pemerintahan di tingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan. Dirinya menyebut, Bunda PAUD merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di wilayahnya masing-masing, guna mendukung terwujudnya layanan PAUD berkualitas.

Masih lanjutnya, Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan diharapkan dapat melibatkan kaum ibu secara aktif, mengingat perannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“ Penyelenggaraan Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan se-kabupaten Sergai ini, bertujuan untuk mendukung optimalisasi peran Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan dalam mewujudkan layanan PAUD berkualitas dan juga memberikan pengetahuan dan sinkronisasi program Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan di Kabupaten Sergai. Selain itu, diharapkan para Bunda PAUD dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan sungguh-sungguh selama tiga hari kedepan, agar semakin memahami fungsi dan peranannya dalam pembinaan dan pengembangan PAUD di wilayah kerjanya masing-masing,” tuturnya.

Bunda PAUD Sergai kemudian melaporkan kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 20 September sampai dengan 22 September mendatang.

Ia mengatakan, ada 3 tujuan yang menjadi dasar dilaksanakan kegiatan kali ini yaitu meningkatkan peran Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan dalam mewujudkan layanan PAUD berkualitas di Kabupaten Sergai dan kedua memberikan pengetahuan dan sinkronisasi program Bunda PAUD di Kabupaten Sergai.

“Dari tujuan pelaksanaan tersebut, nantinya diharapkan ada 3 outcome yang didapat dari kegiatan ini, yaitu Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan se-Sergai lebih memahami layanan PAUD berkualitas. Meningkatnya peranan Bunda PAUD dalam mewujudkan layanan PAUD berkualitas di wilayah kerjanya masing-masing, serta terwujudnya sinkronisasi program Bunda PAUD di Kabupaten Sergai,” katanya lagi.

Terakhir, dirinya merinci ada 25 orang peserta yang akan ikut dalam Bimtek kali ini.

“Ke 25 peserta tersebut terdiri dari 17 orang Bunda PAUD kecamatan, 3 Bunda PAUD desa/kelurahan, 3 orang Satuan Penyelenggara PAUD HI dan 2 orang Pokja Bunda PAUD Kabupaten,” tandas Rosmaida.

Hadir pula dalam pembukaan Bimtek ini Ketua GOPTKI Kabupaten Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan dan Ketua Ketua DWP Kabupaten Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy. (MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi/juli)

107 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *