Terima Kunjungan Dekranasda Nias Barat, Rosmaida Saragih: “Saling Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Sektor Kerajinan Daerah”

Sei Rampah,

Hubungan baik dan keinginan untuk saling mendukung dalam pemaksimalan potensi produk kerajinan lokal terjalin antara Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Nias Barat.

Hal tersebut ditandai ketika Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menerima kunjungan Ketua Dekranasda Kabupaten Nias Barat Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu, bertempat di Gedung Dekranasda, Disperindag Kabupaten Sergai, Perbaungan, Jumat (24/9/2021).

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Sergai menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran rombongan Dekranasda Nias Barat ke Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami atas kehadiran Ibu Erli Tasar. Kunjungan pada hari ini merupakan ajang untuk memperkuat silaturahmi sekaligus kesempatan untuk saling berdiskusi, saling belajar dan memperkuat kerja sama demi meningkatkan kualitas sektor kerajinan di daerah masing-masing,” ucap Rosmaida Saragih.

Dia melanjutkan, terkait produksi kerajinan lokal, pihaknya telah memberi masukan kepada para pelaku kerajinan untuk lebih memilih menggunakan bahan baku yang dihasilkan dari UMKM lokal juga.

“Dengan menggunakan bahan baku dari UMKM lokal, tentu akan terwujud simbiosis mutualisme di mana tiap pihak memperoleh keuntungan. Namun tantangan dari hal ini adalah keberlanjutan bahan baku lokal. Tentu sinergi antara produsen kerajinan dan penyedia bahan baku tidak bisa terjalin dengan baik kalau bahan bakunya sendiri langka,” ucapnya.

Akan tetapi, Rosmaida menyebut, pihak Disperindag Kabupaten Sergai sudah aktif turun ke desa-desa untuk membuat kegiatan pelestarian bahan baku. Program ini, katanya, dilaksanakan dengan kegiatan menanam pandan dan purun, bahan baku utama produk kerajinan di Sergai.

“Selain itu, kami juga aktif memberikan masukan kepada para pengerajin lokal agar aktif berinovasi dan bisa “membaca” kecenderungan atau minat konsumen terkini agar mampu meningkatkan pangsa pasar. Semoga kedepan, sektor kerajinan lokal dapat maju, dapat semakin berkembang, dan dapat dikenal lebih luas lagi,” tandasnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Ketua Dekranasda Nias Barat, Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu. Dirinya berharap, kerja sama kedua kabupaten bisa terus berlanjut, terutama dalam hal pengembangan produk kerajinan lokal.

“Kami berharap, kedepan kita bisa menjalin kerja sama dalam hal produksi dan pemasaran produk kerajinan berbahan baku lokal. Terkhusus untuk pemanfaatan bahan baku lokal, kami bisa belajar dari Kabupaten Sergai untuk nantinya diterapkan di Nias Barat. Apalagi Nias Barat memiliki karakteristik geografis yang mirip, karena sama-sama memiliki daerah pesisir pantai, sehingga memungkinkan untuk menghasilkan bahan baku seperti pandan dan purun,” ucapnya.

Kegiatan kemudian dirangkaikan dengan saling tukar suvenir kerajinan lokal kedua kabupeten.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Kadis Perindag Sergai Karno Siregar, SH, MAP, Ketua I Dekranasda Nias Barat Ny. Yuliria Era Era Hia, Sekretaris Dekranasda Nias Barat Arnoldus J Harefa serta Kadis Perindag dan Koperasi Nias Barat, Hadrianus Hia. MC Sergai Rini/Ardi/Vichan/Vivi/Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *