Tingkatkan Produktivitas Pelaku Usaha, IPEMI Sergai Gelar Pelatihan

Perbaungan,

Dalam rangka meningkatkan produktivitas bagi pelaku usaha, Ikatan Pengusaha Muslim Imdonesia (IPEMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertempat di Gedung Dekranasda Sergai Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan, Senin (27/9/2021).

Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP saat membuka kegiatan menyebut jika Pelaku UMKM dianggap sebagai salah satu alternatif yang mampu menopang beban berat perekonomian yang dihadapi nasional dan daerah di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

“ Melalui pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan produktivitas secara efektif, efisien dan peningkatan kualitas produk barang serta jasa sehingga akan memiliki daya saing yang kuat sesuai dengan salah satu program pembangunan Kabupaten Sergai melalui Sapta Dambaan (SAPDA) yaitu ekonomi yang berdaya saing untuk mencapai visi dan misi Bupati dan Wabup Sergai yaitu Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” katanya.

Bupati mengutarakan, dengan dipilihnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sebagai tempat pelatihan peningkatan produktivitas yang merupakan angkatan kedua ini, kita harapkan agar peserta mempunyai motto bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Oleh karena itu, kata Bupati lagi, diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan mengaplikasikannya di perusahaan/tempat usahanya masing masing sekaligus senantiasa berinovasi dalam mengembangkan usaha sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan penghidupan, pungkas Bupati Sergai.

Sementara itu Ketua IPEMI Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya berharap kepada peserta pelatihan agar fokus dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan ini. Semoga apa yang didapat dalam pelatihan yang akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari ini bisa berguna untuk pengembangan usaha khususnya bagi para ibu-ibu.

“ Semoga setelah kegiatan ini usai, para peserta bisa mengembangkan usahanya dan dapat berinovasi melalui kreativitas agar produk yang dihasilkan memiliki daya saing dan juga dapat meningkatkan perekonomian khususnya di Kabupaten Sergai yang kita cintai,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PW IPEMI Sumut Hj. Yulidar Bugis, SE mengemukakan bahwa untuk pengembangan usaha perlu disertai dengan peningkatan produktivitas juga. Akan tetapi, menurutnya produktivitas yang terpenting adalah produktif dalam diri sendiri. Karena dari diri kita sendiri yang akan membuat kita maju dan berkembang. Oleh karenanya, pelatihan seperti inilah yang akan membuat maju diri kita sendiri. Selain itu kita juga harus tau apa yang kita dapat ketika kita mengikuti pelatihan sehingga ada ilmu sebagai oleh-oleh yang akan kita bawa pulang dan diterapkan pada usaha kita.

“ Jangan malu untuk memasarkan produk kita, jangan karena promosi teman yang lain itu lebih “wah” kita jadi malu. Kita harus tetap maju terus. Pelatihan ini juga akan memberikan ilmu terkait bagaimana cara memasarkan dan cara pembukuan dalam usaha. Jadi ambil ilmunya ketika mengikuti pelatihan ini supaya kita juga bisa bersaing secara sehat. Jangan sia-siakan pelatihan ini. semoga usaha kita semakin lancar, dimudahkan dan omsetnya juga naik,” tandas Hj Yulidar Bugis mengakhiri sambutannya.

Hadir juga dalam kegiatan Kepala UPT. PTK Dinas ketenagakerjaan Provinsi Sumut Dra. Ina Jalisworo, M.S, Kadis Perindag H Karno, SH, M.AP, Kadis Nakerkop-UM, Nasrul Aziz Siregar, S.Sos, Kabag perekonomian yang juga sebagai Sekertaris IPEMI Sergai Rosdelimawati, SE serta para peserta pelatihan. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

28 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *