Wabup Sergai Pembina Upacara Hari Santri Nasional yang Digelar GP Ansor Sumut

Deli Serdang,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP yang juga sebagai Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumatera Utara (Sumut) menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang dirangkai dengan pelaksanaan vaksinasi di Pesantren Al Qomariyah NU Kotangan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (23/10/2021).

Dalam amanat Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas yang disampaikan Ketua PW GP Ansor Sumut, Adlin Tambunan mengatakan bahwa sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun kita rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa dan Raga, ungkapnya.

Wabup Adlin menjelaskan jika maksud tema Santri Siaga Jiwa dan Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

” Adapun tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, di mana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa),” pungkasnya.

Usai melaksanakan upacara, kegiatan Hari Santri dilanjutkan dengan vaksinasi santri pondok pesantren Alqomariyah NU. Wabup Adlin Tambunan yang didampingi Sekretaris GP Ansor Sumut Ahmad Kamil Lubis, Ketua Yayasan Pesantren Al Qomariyah Ahmad Rasyidi, Kepala Pesantren Al Qomariyah Ichsanul Arifin Lubis, Camat Galang, A.Fitriyan Syukri, Kapolsek Galang AKP Raymond, Ketua PC GP Ansor Deli Serdang, Joel Pulungan dan Majelis Wakil Cabang NU Galang, meninjau kegiatan vaksinasi.

Kepala Pesantren Al Qomariyah Ichsanul Arifin Lubis mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan vaksinasi yang digelar berbarengan dengan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021.

“Alhamdulillah hari ini dengan bantuan PW GP Ansor Sumut kami bisa menyelenggarakan vaksinasi ini ke para santri dengan target 500 orang dan nanti akan dibantu oleh masyarakat sekitar juga. Kami ucapkan terima kasih kepada Ansor khususnya Ananda kami Adlin Tambunan yang hari ini hadir langsung,” katanya.

Sedangkan Wabup Adlin Tambunan menyampaikan jika kegiatan vaksinasi santri ini dilakukan dalam rangka Hari Santri Nasional dan mendukung pemerintah untuk menciptakan herd immunity.

” Syukur Alhamdulilah saya lihat tadi antusias para santri cukup besar, semoga kegiatan yang sama bisa menyebar juga ke pondok pesantren lainnya sehingga tercipta herd immunity dan pandemi bisa berakhir dengan segera,” tutupnya. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

 

354 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *