Webinar Pendidikan Guru, Wabup Sergai: “Dunia pendidikan Harus Mampu Lakukan Transformasi Digital”

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, membuka webinar pendidikan bagi guru TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Sergai, di ruang kerjanya di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (22/10/2021).

Membuka sambutannya, Wabup Sergai menyampaikan jika kondisi pandemi Covid-19 yang dihadapi saat ini telah mengubah tatanan kehidupan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, terkhusus di dunia pendidikan.

Pemberlakuan jaga jarak fisik (physical distancing), sebut Wabup, mengharuskan perubahan dalam metode pembelajaran dari metode tatap muka beralih secara tiba-tiba menjadi pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Perubahan ini membawa kejutan budaya hampir di semua lini. Para guru harus segera beradaptasi dengan metode baru yang memaksa kita untuk memiliki kemampuan digital. Untuk itu, dunia pendidikan siap tidak siap harus mampu melakukan transformasi digital supaya tetap dapat mewujudkan generasi yang cerdas di tengah pandemi dan pasca pandemi,” paparnya.

Dirinya melanjutkan, tuntutan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah bagaimana guru tetap cakap dan mampu beradaptasi dengan media pengajaran yang tepat dan efektif. Baginya, kecapakan digital saat ini memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan belajar mengajar. Untuk itu, Wabup mengimbau agar guru-guru mengenal, menguasai, dan memiliki kompetensi digital yang cukup, baik dalam hal penggunaan alat atau pun pengunaan fitur teknologi informasi.

Masih lanjut Adlin Tambunan, pemanfaatan teknologi informasi dalam ruang belajar digital telah memberi nuansa baru dan mengubah model pendidikan kita yang sudah terbentuk sebelumnya dengan mendobrak keterbatasan ruang serta menawarkan metode-metode pembelajaran yang lebih kreatif dan menyenangkan sehingga siswa dapat menerima materi dan menyerap ilmu secara lebih baik.

“Model pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran digital yakni aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran secara daring, baik formal maupun nonformal, sehingga guru dapat melakukan proses belajar-mengajar menggunakan media elektronik,” paparnya lagi, sembari menambahkan ada banyak aplikasi pembelajaran digital yang saat ini sering digunakan seperti Ruang Guru, Sekolahmu, Quipper, dan lain sebagainya.

Dirinya memaparkan, aplikasi pembelajaran digital dapat memproduksi konten-konten kreatif untuk kegiatan belajar-mengajar sehingga meteri yang disajikan oleh pengajar secara audio visual lebih menarik, dan yang terpenting adalah dapat lebih mudah dicerna oleh peserta didik.

Dalam kesempatan ini, tak lupa Wabup Adlin Tambunan menyampaikan jika Kabupaten Sergai memiliki visi menjadikan Sergai Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Visi, sebutnya, dijabarkan ke dalam 7 program prioritas yang disebut dengan SABDA atau Sapta Dambaan.

“Program pertama dalam Sapta Dambaan adalah mewujudkan Sekolah Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas (Mantab). Hal ini menunjukkan keseriusan Pemkab Sergai dalam memajukan sektor pendidikan untuk menghasilkan generasi Sergai yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tegasnya.

Dia meyakini, tanpa menjaga kualitas pendidikan yang baik di tengah pandemi dan pasca pandemi ini, maka visi-misi Sergai akan sulit untuk dicapai.

“Untuk itu saya mendukung pelaksanaan webinar ini untuk membentuk SDM Guru daerah yang menguasai media digital dalam kegiatan pembelajaran. Mari kita ikuti webinar ini sampai selesai sehingga kita semua dapat terus berkiprah di dunia pendidikan dan dalam mewujudkan generasi Sergai yang Maju Terus melalui bidang pendidikan,” tandasnya.

Ikut mendampingi Wabup Sergai dalam kegiatan ini Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

 

272 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *