Pemkab Sergai Gelar Pelatihan Kader Posyandu  

Sei Rampah,

Sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas SDM para kadernya sekaligus untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar pelatihan bagi Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (27/10/2021).

Saat membuka pelatihan, Bupati Sergai H Darma Wijaya mengemukakan bahwa Kader Posyandu merupakan mitra pemerintah yang berada di garda terdepan dalam mewujudkan salah satu Sapta Dambaan (SAPDA) yaitu masyarakat yang sehat dan religius.

“ Keberhasilan program pembangunan daerah ini sangat bergantung dari kapasitas dan kapabilitas para kader dalam memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat,” ungkap Bupati.

Mengingat strategisnya peranan Kader Posyandu ini, kata Bupati lagi, maka diperlukan upaya yang terus-menerus untuk meningkatkan kapasitas SDM para Kader melalui berbagai kegiatan, termasuk salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan hari ini.

Bupati berharap jika kehadiran Kader Posyandu dapat mengontrol kehamilan pada ibu-ibu hamil agar saat hamil mendapatkan nutrisi yang baik sehingga anak yang dikandung tidak mengalami stunting.

“ Terima kasih kami ucapkan kepada TP PKK yang selalu bersinergi dengan Pemkab Sergai dalam memberdayakan masyarakat menjadi lebih mandiri, sejahtera dan religius. Semoga para Kader yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, dapat menjadi fasilitator dan dinamisator kegiatan Posyandu disetiap desa atau kelurahan sehingga kualitas pelayanan Posyandu akan semakin meningkat.

Teruslah berkarya dalam menjadikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini menjadi Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tutup Bupati.

Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wiaya mengucapakan terimakasih atas partisipasi seluruh peserta dan berharap pelatihan ini dapat membangkitkan keaktifan Posyandu di daerah masing masing sekaligus dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam memperoleh kesehatan dasar.

Ia menambahkan, jika kegiatan ini dilaksanakan mengingat masih kurangnya pengetahuan dari para Kader Posyandu dimana mereka merupakan ujung tombak kegiatan di Posyandu tentu kehadiranya sangat strategis dalam melayani masyarakat.

“ Pelatihan ini sangat penting untuk memberi pembelajaran agar lebih baik sehingga dapat menciptakan generasi yang unggul dan produktif,” ujar Ketua TP PKK.

Hj Rosmaida menambahkan bahwa peran serta Posyandu adalah untuk mengontrol kehamilan para ibu hamil. Hal ini guna menghindari stunting pada anak dan Kader agar dapat mengimplementasikan apa yang didapatkan hari ini di Posyandu masing-masing.

Sementara itu Ny Aini Zetara Adlin Tambunan mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Kader Posyandu. Selain itu agar Kader Posyandu lebih terlatih dan mempunyai dedikasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehingga dapat memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan ini diikuti para peserta pelatihan seluruh Kader Posyandu se-Kabupaten Sergai yang berjumlah sebanyak 150 orang.

Hadir juga dalam acara, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, para Kader Posyandu se- Sergai.

Secara terpisah dan diwaktu yang sama kegiatan pelatihan ini juga dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan melalui aplikasi Zoom Metting. MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli

229 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *