Dipengukuhan HPI, Bupati Darma Wijaya Harap Pramuwisata Berdampak Positif Bagi Pariwisata Sergai

Perbaungan,

Kehadiran Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) diharapkan mampu membawa pariwisata khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) semakin Maju Terus, demikian harapan Bupati H Darma Wijaya yang didampingi Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya saat menghadiri Pengukuhan DPC HPI Kabupaten Sergai periode 2021-2026 di Aula Pantai Romantis Kecamatan Perbaungan, Kamis (4/11/2021).

Usai menyampaikan harapanya, Bupati menyebut jika pada moment perhelatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) tahun 2024 mendatang, yang rencananya akan diselenggarakan di Sumut dan Aceh, tentu memungkinkan pengunjungnya akan menyempatkan diri untuk berwisata di Sumut, misalnya di Parapat ataupun Berastagi.

” Bisa jadi mereka akan mengunjungi pantai yang ada di Sergai, sebab wisata pantai yang dimiliki Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat memiliki pesisir pantai yang indah. Selain itu banyak menyuguhkan berbagai macam kuliner yang lezat hasil laut, yang dapat memanjakan lidah para pengunjung,” ungkap Bupati.

Kemudian, kata Bupati lagi, kemajuan HPI ini harus dibarengi dengan infrastruktur berupa jalan yang mulus. Oleh karenanya, pembangunan infrastruktur menjadi program perioritas Sergai, karena pariwisata merupakan salah satu penyumbang PAD bagi Kabupaten Sergai.

Bupati Darma Wijaya menyebut, jika masih banyak lagi potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Sergai, mulai dari wisata pantai, arung jeram dan masih banyak lagi wisata-wisata yang lainya.

Ditambahkanya, jika jalan yang menjadi kewenangan provinsi dan jalan kabupaten saling terhubung dengan mulus, maka hal ini dapat menjadi salah satu daya tarik pariwisata Sergai yang memiliki infrastruktur baik, sehingga para wisatawan tertarik untuk berkunjung, katanya.

Terkhusus untuk wisata Pulau Berhala, kata Bupati lagi, sebelumnya asetnya tidak kita miliki. Namun, setelah BPN menyerahkan sertifikat kepada Pemkab Sergai, maka Pulau Berhala secara resmi menjadi milik Kabupaten Sergai.

” Saya berharap kehadiran HPI di Kabupaten Sergai dapat membawa dampak yang positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi yang akhirnya mampu mewujudkan Sergai yang Maju Terus,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua HPI Sumut, Kus Endro, menceritakan jika mendirikan DPC HPI ini bukan hal yang mudah, khususnya mencari sosok yang tepat untuk mengurus di daerah.

” Harapan kami dengan terbentuknya HPI di Kabupaten Sergai dapat berkontribusi penuh dalam memajukan pariwisata di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai Pemandu Wisata yang berhimpun dalam wadah HPI, secara organisasi berada di seluruh provinsi se-Indonesia. Sedangkan untuk Provinsi Sumut diantaranya; Kabupaten Langkat, Karo, Samosir, Toba, Humbahas, Tapanuli Utara, Nias Selatan, Nias barat dan hari ini telah terbentuk di Kabupaten Sergai.

” Pariwisata di Indonesia saat ini terus di genjot dalam rangka membangkitkan ekonomi daerah. Dengan hadirnya HPI diharapkan mampu meningkatkan pariwisata sekaligus dapat bermitra dengan banyak pihak serta menunjukan karya untuk menyongsong PON 2024 mendatang,” ucap Kus Endro menutup sambutannya.

Ketua DPC HPI Sergai Mhd. Safrizal yang baru saja dikukuhkan mengatakan, pariwisata merupakan salah satu income terbesar pemasukan PAD untuk daerah. Maka dari itu, kita harus membangun dan bersatu untuk memajukan pariwisata Sergai agar menjadi wisata yang dikunjungi wisatawan lokal, wisatawan dari luar Sergai maupun mancanegara.

” Kami akan memanfaatkan segala potensi yang ada sesuai dengan kearifan lokal di setiap tempatnya dan tugas Pramuwisata siap untuk mewujudkannya,” tandasnya.

Hadir juga perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut, Kepala OPD terkait, Camat Perbaungan, para pengurus HPI Provinsi Sumut, Pengurus HPI Sergai dan undangan lainnya. MC Sergai Rini/Ardi/Vichan/Vivi/Julia

431 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *