TP-PKK Sergai Ikuti Jambore Kader Dasawisma Tingkat Provinsi

Sei Rampah,

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) turut serta dalam kegiatan Jambore Kader Dasawisma PKK tingkat provinsi se-kabupaten/kota di Hotel Emerald Garden, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Rabu (4/11/2021).

Di sela-sela kegiatan di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (5/11), Ketua TP-PKK Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya menyampaikan jika Kegiatan Jambore Kader Dasawisma ini merupakan wujud akan pentingnya tanggungjawab para kader terutama para ketua kelompok yang bersentuhan langsung dengan sasaran PKK yaitu Keluarga Kader yang terampil, jujur, handal dan bertanggung jawab menjadi tugas bersama untuk membangun SDM PKK yang diharapkan menuju Kader Cerdik PKK Gemilang.

“ Dalam perhelatan kemarin, Pak Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang membuka kegiatan. Beliau berpesan bahwa sebuah keberhasilan harus diraih dengan kerja keras dan inovasi. Pak Gubernur menyampaikan, inovasi dari kaum ibu, dimaksudkan agar bagaimana rumah menjadi nyaman sebagai tempat tinggal dan bernaung. Dengan kenyamanan, maka biasanya akan sejalan dengan kesejahteraan, karena ada dukungan secara fisik maupun psikologis untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia,” ucapnya.

Rosmaida melanjutkan, dalam kesempatan itu juga, Ketua TP-PKK Provinsi Sumut Ny. Hj. Nawal Lubis Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa kegiatan Jambore merupakan momen penting, selain silaturahmi juga menjadi wadah mengukir prestasi dan kebolehan serta mengukur keunggulan yang dimiliki dalam memenuhi tanggung jawab sebagai kader PKK. Karena itu pada  tahun ini, acara tersebut secara khusus dipersembahkan untuk Kader Dasawisma, sebagai kelompok terkecil namun terbesar jumlahnya.

“ Tentu Dasawisma sebagai ujung tombak harus mendapatkan perhatian yang besar, dan juga pembinaan yang baik. Sehingga daya guna kelompok dasawisma dapat maksimal serta berhasilguna demi kesejahteraan keluarga. Karena sumber daya PKK bermula dari kelompok Dasawima, terutama menyongsong penerapan sistem informasi manajemen PKK atau SIMPKK berbasis digital, yang menuntut kemampuan para kader dalam hal informasi,” paparnya.

Kemudian, Hj Rosmaida menambahkan, dalam laporan kegiatan yang dibacakan oleh Wakil Ketua I TP PKK Sumut sekaligus Ketua Panitia Jambore Kader PKK Dasawisma Sumut Ny. Hj. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, saat ini TP-PKK menggunakan sistem pembinanaan rentang kendali “pola 1-3-6-9-12”. Sistem pembinaan ini, jelasnya, terlaksana dalam jangka waktu satu tahun di mana PKK Pusat membina PKK Provinsi sebanyak 1 kali, PKK Provinsi membina PKK Kabupaten/Kota 3 kali, PKK Kabupaten/Kota membina PKK Kecamatan 6 kali, PKK Kecamatan membina PKK Desa/Kelurahan 9 kali, PKK Desa/Kelurahan membina kelompok-kelompok Dasa Wisma 12 kali.

“ Ibu Ketua Panitia menyebut, sistem rentang kendali ini memiliki peranan penting dalam mengukur dan menata seluruh program yang telah direncanakan dan selanjutnya dilaksanakan secara totalitas sehingga berbagai kelemahan dan keunggulan yang ada dapat dikelola dengan baik dan berkualitas demi terwujudnya 10 program pokok PKK sesuai yang diharapkan di setiap jenjang PKK hingga Kelompok DASAWISMA,” terangnya.

Ketua TP-PKK Sergai menyebut, acara ini juga disemarakkan dengan berbagai macam perlombaan, di antaranya Tes Umum Pengetahuan Dasawisma dan PKK, Lomba Yel-yel dan Tiktok Dasawisama, Lomba Bercerita, Lomba Penyuluhan, Lomba Menyanyi, dan lainnya.

“ Alhamdullilah, TP-PKK Sergai berhasil meraih prestasi yang cukup baik, yaitu juara 2 atas nama Sri Leli dalam lomba menyanyi, peringkat harapan 2 atas nama Siti Asnah dalam lomba Yel-yel dan musik Tiktok, harapan 1 atas nama Rima Elviani Lubis dalam lomba penyuluhan, dan juara 3 atas nama Lili Azuarni dalam lomba pengisian buku Dasawisma,” kata Ketua TP PKK Hj Rosmaida, sembari menambahkan jika semua sudah berusaha secara maksimal dan dirinya pun mengucapkan terima kasih buat semua peserta yang telah berpartisipasi untuk mengharumkan kegiatan PKK Kabupaten Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

883 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *