Akses Jalan Mulus di Desa Pematang Sijonam, Warga Apresiasi Pemkab Sergai

Perbaungan,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) terus melakukan peningkatan infrastruktur jalan secara bertahap di beberapa wilayah, salah satunya merealisasikan peningkatan Jalan Pematang Sijonam (Simpang Fortuna) Lubuk Cemara Sampai Batas Kecamatan Pantai Cermin dan Kecamatan Perbaungan sepanjang 3.305 M x 4 M.

Hal tersebut mendapat respon positif dari warga Desa Pematang Sijonam, salah satunya bernama Karno (50) pada Kamis (18/11/2021). Lelaki yang berprofesi sebagai petani ini menuturkan jika penantian panjang selama 15 tahun untuk menikmati jalan mulus akhirnya terwujud.

” Saya bersama warga desa sangat bersyukur, karena apa yang kami inginkan selama ini telah terealisasi yaitu pembangunan jalan dari pemerintah untuk akses jalan dari Dusun I sampai Dusun IV A yang panjangnya 3,3 Km. Ini sangat membantu masyarakat. Inilah yang kami damba-dambakan,” katanya.

Pria yang bekerja sebagai petani ini, mengaku hampir 15 tahun merasakan jalan rusak di desa nya. Karno bilang, jalan mulus ini dapat meningkatkan perekonomian warga.

Jalan yang bagus ini, lanjut Karno, tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Adanya jalan mulus ini mudah-mudahan ekonomi kami menjadi bagus. Oleh karenanya, kami sangat mengapresiasi Pemkab Sergai yang telah merealisasikanya.

” Kami juga berharap pemerintah terus peduli dengan petani Sergai khususnya di Desa Pematang Sijonam. Selain jalan, harapan kami agar pemerintah tetap concern dibidang pertanian demi meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Hal serupa juga disampaikan Sangkot Siregar yang sudah hampir 30 tahun menetap di Desa Pematang Sijonam. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai.

“Kami sudah lama menanti (jalan mulus) yang seperti ini. Doa kami gak lepas, saat inilah doa kami diijabah. Kami berharap dengan adanya jalan mulus ekonomi bagus,” yakinnya.

Ditinjau oleh Bupati dan Wakil Bupati

Terdapat tujuh lokasi pembangunan infrastruktur yang berada di Kecamatan Perbaungan dan Teluk Mengkudu, yang pernah ditinjau oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan.

Beberapa hari lalu, Wabup Adlin Tambunan, Selasa (16/11/2021) meninjau Desa Pematang Sijonam. Wabup juga sempat berinteraksi dengan warga. Ia mendengar langsung kritik dan saran warga untuk pembangunan infrastruktur ini.

Tujuh lokasi tersebut antara lain; pertama, peningkatan ruas jalan, di Simpang Jalan Garuda (Jalan Negara) Senah (Batas Kec. Serbajadi) Kecamatan Perbaungan dengan sumber dana APBD/PEN TA. 2021 sepanjang 1.084 M x 4 M.

Kedua, ruas Jalan di Jalan Melur Kecamatan Perbaungan Sumber Dana P-APBD TA. 2021 sepanjang 138 M x 4 M. Ketiga, ruas Jalan Cempaka I Kecamatan Perbaungan sumber dana P-APBD sepanjang 139 M x 5 M.

Selanjutnya keempat, ruas Jalan Kenanga Pajak Lama Kecamatan Perbaungan dengan sumber dana P-APBD TA. 2021 sepanjang 139 M x 12 M. Kelima, ruas Jalan Pematang Sijonam (Simp Fortuna) Lubuk Cemara Sampai Batas Kec. Pantai Cermin Kecamatan Perbaungan dengan sumber dana APBD/PEN TA. 2021 sepanjang 3.305 M x 4 M.

Kemudian yang keenam, rehabilitasi jembatan di ruas Jalan Lidah Tanah – Lubuk Dendang sampai batas Kec. Pantai Cermin- Kecamatan Perbaungan sumber dana P-APBD TA. 2021 sepanjang 6 M x 4 M.

Terakhir di Kecamatan Teluk Mengkudu, peningkatan ruas Jalan Sialang Buah – Pematang Kuala dengan sumber dana APBD/PEN TA. 2021 sepanjang 753 M x 5.8 M.

Wabup Adlin juga meninjau progres pembangunan jembatan Pantai Sialang Buah yang sebentar lagi rampung.

” Dengan program Sapta Dambaan terkait pembangunan infrastruktur terus digencarkan, agar meningkatkan perekonomian rakyat. Salah satu progres pengerjaan pembangunan jembatan yang bakal rampung adalah jembatan Pantai Sialang Buah,” terangnya.

Kondisi jembatan yang kita tinjau beberapa waktu lalu, kondisinya sangat memprihatinkan. Ini sudah dibaguskan untuk kepentingan masyarakat sekitar. Estimasi kita sekira bulan 12 sudah bisa digunakan oleh masyarakat, imbuhnya.

Wabup menambahkan, jembatan ini juga bisa menjadi ikon baru di Kecamatan Teluk Mengkudu dan menambah nilai estetikanya.

“Selain untuk kebutuhan sehari-hari bisa menjadi ikon baru di Kecamatan Teluk Mengkudu. Jadi milik kita bersama, dirawat gunakan jembatan ini sebaik-baiknya. Prinsipnya ini dari kita untuk kita. Jadi semua digunakan untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Begitupun yang disampaikan Bupati Darma Wijaya yang menyampaikan setiap menghadiri syukuran dan peresmian jalan, bahwasanya pembangunan ini mesti disertai dengan hal yang sangat penting yaitu merawat dan menjaganya.

” Membangun memang bukan hal mudah, tapi jauh lebih sulit lagi untuk menjaga dan merawatnya. Mari sama-sama kita rawat fasilitas milik kita bersama supaya dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang,” ucap Bupati.

Kemudian Bupati mengutarakan jika pembangunan jalan yang sudah dilakukan bertujuan untuk meningkatkan mobilitas transportasi yang pada akhirnya berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat.

“Kami yakin dengan infrastruktur jalan yang mulus maka ekonomi juga akan ikut bagus. Akses jalan yang bagus akan memudahkan masyarakat dalam melaksanakan aktivitas harian sehingga di saat yang sama roda perekonomian lokal akan bergerak dan lebih bergairah,” kata Bupati dengsn optimis. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli)

1.164 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *