Pemkab Sergai Kembali Gelar Pengajian Dambaan

Serbajadi,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya didampingi Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya menghadiri pengajian Dambaan di Dusun II Desa Kuala Bali Kecamatan Serbajadi, Kamis (18/11/2021) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan agar musibah banjir di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini segera berlalu.

“ Saat ini Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat tengah berduka, karena musibah banjir terjadi di beberapa wilayah yang ada di Kecamatan Sei Rampah, Tanjung Beringin, Dolok Masihul dan Sipispis,” katanya.

Darma Wijaya menginformasikan bahwa kurang lebih 8 ribu Kepala Keluarga (KK)  atau sekitar 34 ribu jiwa terdampak banjir. Dan yang terparah adalah di Kecamatan Sei Rampah dan Tanjung Beringin, ungkapnya.

Oleh karenanya, Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama berdoa, karena ungkapan doa masyarakat sangat dibutuhkan agar musibah ini segera berlalu.

“ Kemarin Kecamatan Dolok Masihul terdampak banjir, Alhamdulillah kini sudah surut. Semoga di Sei Rampah dan Tanjung Beringin juga segera berlalu,” tambahnya lagi.

Lebih lanjut disampaikan Bupati jika Pemkab Sergai sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat terkait penanggulangan bencana banjir agar tidak terulang kembali.

“ Pemerintah melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) sudah menganggarkan dana untuk penanganan banjir dan membangun bendungan di sepanjang Sungai Belutu maupun Sungai Rampah sepanjang 33 kilometer. Dengan demikian kita harapkan adanya normalisasi sungai, kedepannya banjir tidak kembali terulang,” ujar Bupati dihadapan unsur Forkopimda, jajaran OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan hadirin lainnya.

Tak lupa Bupati mengimbau agar masyarakat menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merawat drainase, jalan dan jembatan serta fasilitas umum lainnya yang sudah dibangun,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Al Ustadz Aisul Siddik dalam siraman rohaninya menyampaikan jika suatu negara ingin kuat, maka ada 4 hal yang harus dijaga dan dipertahankan. Yakni mengawal dan memberdayakan ulama dengan ilmunya.

“ Kemudian, ungkapnya lagi, mengawal dan mendukung kebijakan umara atau pemimpin yang jujur. Memberdayakan orang-orang mampu dan memperhatikan kaum fakir miskin. Itu semua sudah dijalankan Pemkab Sergai dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin umar Yusri Tambunan,” terangnya.

Hal ini semua tentu sudah terbukti dengan program zakat yang dikumpulkan oleh Pemkab Sergai dari para ASN.

Ia menambahkan, jika keempat hal ini dirangkul dan diberdayakan maka akan jadilah negara kita yang Baldatunwarobbulghafur. Dan mengenai musibah yang terjadi, ini sebagai ujian bagi kita. Karena iman seseorang diuji dengan musibah. Jika tabah maka dia lulus dari ujian dan derajatnya akan dinaikkan, tutup Ustadz Aisul Siddik.

Pengajian Dambaan ini dirangkai dengan penyerahan bantuan zakat kepada fakir miskin yang ada di sekitar lokasi pengajian.

Salurkan 50 Bantuan Zakat

Diwaktu yang sama dan tempat berbeda, Wabup Sergai H Adin Umar Yusri Tambunan juga mengikuti pengajian Dambaan di Masjid Al Mustaqim Dusun V Desa Paya Mabar Kecamatan Tebing Tinggi. Pengajian tersebut berlangsung khusyuk dan diikuti oleh jamaah hingga ke halaman masjid. Adlin juga memberikan bantuan zakat kepada 50 fakir miskin.

“ Wabup mengutarakan, jika bantuan yang diberikan ini jangan dilihat dari berapa besarnya. Tetapi dilihat dari kepedulian dari Pemkab untuk hadir turut membantu masyarakat khususnya fakir miskin dan ke depan harapannya kita bisa tingkatkan untuk memberikan lebih banyak lagi,” cetusnya.

Untuk bantuan yang diberikan pada malam itu di Desa Paya Mabar sebanyak 50 bantuan, sedangkan untuk 17 kecamatan se-Sergai totalnya sebanyak 850 bantuan zakat.

Dikemukakannya perihal bantuan tersebut berasal dari program Gerakan Amal Soleh (GAS) oleh Pemkab Sergai.

Sehubungan dengan belum berakhirnya pandemi, Wabup berpesan agar masyarakat tetap mematuhi prokes dalam beribadah. Ia menegaskan jika prokes merupakan hal utama untuk menghindari virus asal Wuhan. Sedangkan bagi masyarakat yang belum divaksin, Adlin mengimbau agar segera melaksanakan vaksinasi. Terlebih kepada lansia dan para pelajar agar bisa kembali ke sekolah, tandasnya. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi/julia

25 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *