Di Pengajian Dambaan, Bupati Darma Wijaya : Sergai Prioritaskan Pembangunan dan Perbaikan Infrastruktur

Pantai Cermin,

Dalam rangka mewujudkan kabupaten yang religius, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali melaksanakan Pengajian Dambaan yang bertujuan untuk meningkatkan ikatan persaudaraan melalui kebersamaan demi mewujudkan pembangunan sesuai visi misi Kabupaten Sergai yang Maju Terus. Pengajian dihelat di Masjid Nurul Huda Dusun IV Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin, Kamis malam (25/11/2021).

Bupati Sergai H Darma Wijaya yang hadir dikesempatan itu mengapresiasi kepada masyarakat yang sudah menjaga protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi sehingga tidak ada warga yang terpapar virus asal Wuhan dalam sepekan ini.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin, untuk segera melapor kepada Kepala Desa atau Puskesmas terdekat.

” Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 61 Tahun 2021, Kabupaten Sergai berada di level 1 dan kita akan terus giatkan program vaksinasi. Kepada masyarakat yang belum divaksin agar melapor ke Kades dan Puskemas untuk mendapatkan vaksinasi. Khusus di Kecamatan Pantai Cermin, vaksinasinya masih harus dikejar, karena masih mencapai 44 persen yang divaksin. Bapak Ibu sekalian jangan takut divaksin, vaksin tidak sakit dan vaksin untuk kekebalam imun kita. Kita ingin masyarakat sehat agar tahun depan kita tidak membahas tentang Covid-19 lagi, melainkan membahas pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Hal tersebut juga sesuai dengan program Sapta Dambaan (SAPDA) yang berisikan 7 point penting, yakni sekolah mantab (mandiri, terampil, asri), masyarakat sehat dan religius, pertanian mandiri dan berkelanjutan, infrastruktur terintegrasi, ekonomi berdaya saing, wisata maju terus dan birokrasi dambaan.

“ Kami mempunyai program Sapta Dambaan. Dan di tahun depan, kita akan terus lakukan dan prioritaskan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan di daerah wisata, salah satunya Pantai Cermin, Teluk Mengkudu dan Tanjung Beringin. Dibutuhkan dukungan masyarakat baik dalam proses pembangunan dan penyelesaian dan semoga bisa dimanfaatkan masyarakat,”jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, jika Pemkab Sergai punya program zakat ASN. Setiap ASN yang beragama Islam kita wajibkan membayar zakat penghasilannya sebesar 2,5 persen yang dikelola oleh Baznas. Hingga kini lebih dari 1.300 bilal mayit dan 1.200 guru mengaji sudah kita santuni, ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, pengurus pengajian Masjid Nurul Huda, Hasan Basri berharap kehadiran Bupati beserta rombongan dalam penyelenggaran Pengajian Dambaan ini dapat berjalan terus dan memberikan pemahaman agama kepada masyarakat luas sehingga tercapai Sergai Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius,”tandasnya.
Al Ustadz Arfanuddin dalam siraman rohaninya menyampaikan visi misi Sergai Maju Terus ini sangat bagus, khususnya menjadikan masyarakatnya lebih religius.

” Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, jika dunia ini akan bangkit, akan jaya, aman dan tentram jika 4 perkara saling bersinergi, yakni keadilan pemimpin, kedermawanan orang kaya, ilmunya ulama dan doanya orang fakir miskin. Ini semua ada di program Bupati dan Wakil Bupati Sergai,”ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa itu semua terbukti dengan zakat yang dikumpulkan Pemkab Sergai dari para ASN sebesar 2,5 persen.

” Jika 4 hal ini kita rangkul, kita berdayakan jadilah negara kita Baldatunwarobbulqhafur. Dan mengenai musibah yang terjadi, ini sebagai ujian bagi kita. Karena iman seseorang diuji dengan musibah. Jika tabah maka dia lulus dari ujian dan derajatnya akan dinaikkan. Semoga saudara-saudara kita yang tengah dilanda musibah tetap tabah dan semoga banjir segera surut,”pungkasnya.

Pengajian ini dirangkai dengan penyerahan bantuan zakat kepada fakir miskin yang ada di sekitar lokasi pengajian.
Turut hadir juga, Anggota DPRD Sergai, sejumlah Kepala OPD, Ketua MUI Sergai, Ketua Baznas Sergai, Ketua MUI Kecamatan Pantai Cermin, Camat, Kades dan masyarakat Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin.

Hal serupa juga dilaksanakan Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan melalui Asisten Ekbangsos Drs Nasrul Azis Siregar beserta rombongan melakukan Pengajian Dambaan di Desa Kota Tengah Kecamatan Dolok Masihul.

Wabup Sergai melalui Asisten Ekbangsos mengutarakan bahwa pemkab terus berusaha mewujudkan visi misinya yang Maju Terus. Terkait kondisi terkini penanganan korban banjir, Pemkab Sergai melakukan upaya semaksimal mungkin dengan membangun tenda pengungsian, penyaluran bantuan logistik, penanganan kesehatan serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi terbaik, cetusnya. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi/julia

248 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *