Sukses Gelar Literasi Digital, Pemkab Sergai Diapresiasi Kemenkominfo

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, secara terpisah menerima audiensi (Liaison officer) LO Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam rangka memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Gerakan Nasional Literasi Digital di Kabupaten Sergai, di Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (26/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Kemenkominfo atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Sergai atas keberhasilannya dalam menyukseskan kegiatan literasi digital yang dimulai pada Mei lalu.

“Saat ini kami di Sergai sedang bahu-membahu untuk menanggulangi permasalahan banjir yang terjadi di beberapa kecamatan. Jujur saja, apresiasi yang kami dapat dari Kemenkominfo, walau tidak berhubungan dengan penanganan bencana, namun secara langsung memberi kami motivasi untuk tetap bekerja sebaik mungkin, dalam segala bidang yang menjadi tanggung jawab pemerintah,” jelas Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati menekankan pentingnya penguasaan literasi digital dalam aktivitas sehari-hari. Dengan kemampuan ini, sebutnya, banyak peluang yang terbuka sekaligus mencegah hal-hal buruk terjadi.

“Peluang yang saya maksud terkhusus kepada para pelaku UMKM. Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, para pelaku UMKM bisa melirik media digital sebagai sarana pemasaran atau promosi yang potensial. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang tidak terhindarkan dalam meningkatkan, tentunya di samping kualitas produk itu sendiri,” ucapnya.

Sedangkan perihal mencegah hal buruk terjadi, Bupati menyebut dengan literasi digital, masyarakat bisa lebih waspada dalam menyikapi berbagai ancaman kejahatan yang makin kemari makin marak dan canggih.

“Sekarang banyak kita lihat yang jadi korban tindak kejahatan siber. Ini salah satunya karena kurangnya literasi digital. Sama halnya dengan pemanfaatan teknologi dalam dunia usaha, masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dengan hal serupa. Kalau tidak, kita akan tergerus. Begitu vital sekarang manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehingga edukasi dan sosialisasi perlu tetap dilaksanakan,” tandasnya.

Keyakinan senada juga disampaikan Wakil Bupati Adlin Tambunan. Secara ringkas dia mengatakan, antusiasme literasi digital di Sergai menjadi bukti jika masyarakat sekarang sudah mulai menyadari pentingnya kecakapan teknologi.

“Alhamdullilah, literasi digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo di Kabupaten Sergai, berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusiasme yang tinggi. Semoga tujuan dan manfaat yang jadi dasar dilaksanakannnya kegiatan ini bisa tercapai dan minat masyarakat terhadap kecakapan digital bisa bertumbuh,” harapnya.

Di kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si, mengungkapkan jika Literasi Digital yang dilaksanakan di Sergai berjalan lancar dan sukses. Hal ini, sebutnya, ditandai dengan partisipasi tinggi para peserta.

“Tiap sesi yang digelar, jumlah peserta virtual selalu melebihi kapasitas. Stabil di angka 900-1.000 peserta. Ini juga tidak terlepas dari kontribusi Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai yang mengkoordinir para guru untuk ikut serta terlibat dalam kegiatan ini,” katanya.

Sebelumnya, M.N. Hamdi, SE, selaku Regional Leader Sumatera Utara (Sumut) PT. Permata Cendikia Indonesia (PCI), menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan Pemkab Sergai dalam melaksanakan kegiatan literasi digital.

“Seperti yang kita ketahui bersama, kegiatan ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengindentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan internet. Lewat keberhasilan kegiatan ini di Sergai, semoga target Kemkominfo agar tahun 2024, 50 juta masyarakat terliterasi di bidang digital di seluruh Indonesia, bisa tercapai,” tuturnya.

Kegiatan audiensi kemudian diakhiri dengan penyerahan cinderamata kepada Bupati dan Wakil Bupati.

Ikut hadir dalam audiensi ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, dan panitia kegiatan Literasi Digital. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

477 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *