Lima Kali Beroperasi, Pasar Rakyat Sei Rampah Semakin Ramai

Sei Rampah,

Pengunjung dan pedagang di Pasar Rakyat Sei Rampah yang resmi beroperasi mulai hari Minggu 31 Oktober 2021 hingga Minggu 28 Nopember 2021 semakin mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari antusias baik pengunjung maupun pedagang yang melakukan transaksi di pasar yang baru 5 (lima) kali beroperasi.

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya disela-sela kunjungannya menyampaikan komitmen mengajak ASN untuk berbelanja diseputaran Pasar Rakyat.

“Komitmen ini kami tunjukan dengan melakukan Grebek Pasar yang berkelanjutan di Pasar Rakyat Sei Rampah bersama dengan para ASN, sehingga perputaran ekonomi masyarakat khususnya penggiat UMKM di Sergai terus meningkat, ” ujarnya.

Bupati menyebut bahwa setiap Minggu ada penambahan Los, menunjukan bahwa pedagang dan pembeli atau masyarakat sangat antusias berkunjung dan berbelanja disini, ini merupakan bentuk pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Darma Wijaya menyempatkan untuk berbelanja berbagai kebutuhan dapur yang rencananya akan dibawa ke posko pengungsian banjir.

Dikesempatan yang sama, Plt Kadis Perindag Sergai, Roy S Pane, menyebut jika Pasar Rakyat Sei Rampah ini merupakan tempat yang disediakan sebagai tempat relokasi pedagang Pasar Lelo Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, yang progres perkembangannya, pertanggal hari ini, terdapat penambahan sebanyak 15 pedagang

“Sebelumnya ada 184 pedagang dan hari ini menjadi 199 pedagang, bertambah 15 pedagang, harapan kita bagi para pedagang yang masih bertahan di Pasar Lelo Desa Firdaus di Minggu-Minggu berikutnya bisa bergabung bersama di Pasar Rakyat Sei rampah, ditempat ini, ” sebutnya.

Ia menambahkan, tujuan relokasi ini, selain untuk penataan, juga akan dilakukan pembinaan terhadap para pedagang, sehingga dengan kegiatan yang dilakukan Pemkab Sergai daya beli masyarakat bisa meningkat juga meningkatkan ekonomi para pedagang, pungkasnya.

Salah satu pedagang Pasar Rakyat Sei Rampah, Jainab br. lubis akrab disapa Yeyen, pedagang buah warga Jalan Makmur Dusun III Desa Sei Rampah, mengatakan bahwa dari pertama dirinya membuka stand dagangan di sini hingga sampai sekarang banyak mengalami peningkatan.

Dijelaskannya, bahwa pada minggu pertama Pasar Rakyat Sei Rampah resmi dibuka dirinya masih berjualan dibawah dengan beralaskan terpal, namun dengan semakin meningkatnya pembeli membuat dirinya melengkapi fasilitas dagangannya untuk lebih baik lagi.

“Waktu pertama saya berjualan, saya masih dibawah pakai terpal, tapi, dengan meningkatnya jumlah pembeli seperti hari ini saya sudah pakai meja, tidak lagi dibawah, yang lebih mantapnya lagi, dagangan saya bertambah banyak, lebih lengkap,” ungkap Yeyen.

Selain fasilitas dagangannya, Yeyen menyebutkan bahwa pengasilannya meningkat tajam. “semenjak berjualan disini, penghasilan dari dagangan saya meningkat tajam, sebelumnya kami tidak pernah berjualan begitu banyak, namun Alhamdulillah dagangan saya semakin banyak, ” sebutnya dengan sumringah.

Ia menjelaskan jika berjualan di lokasi yang lama (Pajak Lelo) tempat berjualan kami sempit, tidak bisa berjualan sebanyak ini, dan penghasilan tidak seperti di Pasar Rampah ini, jelasnya.

“Alasan saya pindah, lokasi pajak strategis, tidak terlalu dekat dengan jalan raya. Pastinya pemerintah tidak mungkin memindahkan tanpa solusi. Ini semua terbukti dengan ramainya pembeli yang memadati Pasar Rampah. Semoga ini terus berlanjut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pedagang,” tegas Yeyen.

Masih di Pasar Sei Rampah, Asma Wati pembeli asal Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu, mengatakan bahwa kunjungannya ini sudah yang kesekian kalinya bersama pata tetangga.

Wati, demikian orang menyapanya, mengatakan bahwa kedatangannya ke Pasar Rakyat ini untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga sekaligus sambil jalan-jalan bersama anak-anak.

” Kami berharap kepada pengelola Pasar Rakyat Sei Rampah kedepan untuk terus meningkatkan fasilitas yang ada, guna kenyaman para pedagang dan pembeli yang hadir,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Yus Hayati pembeli asal Bogak Besar Kecamatan Teluk Mengkudu mengaku bahwa dari awal buka Pasar Rakyat Sei Rampah dirinya hampir tidak pernah absen untuk berbelanja.

” Saya jadi sering berbelanja di sini, hal ini karena lokasi nyaman, makanya meski agak jauh dari rumah, tapi karena tempatnya enak ya sekalian menghibur diri sembari jalan-jalan,” pungkasnya.

Hadir juga untuk berbelanja bersama Bupati Sergai di Pasar Rakyat, para Asisiten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Serta ASN Pemkab Sergai dan Masyarakat Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vi i/Julia)

 

36 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *