Hadiri Temu Karya Karang Taruna IV, Wabup Sergai : “ Jadilah Organisasi Pemuda Terdepan dan Motor Penggerak Pembangunan

Perbaungan,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, Selasa (30/11/2021) membuka kegiatan Temu Karya IV Karang Taruna Kabupaten Sergai Tahun 2021 bertempat di Aula Dinas Sosial Sergai, Kecamatan Perbaungan.

Mengawali sambutannya Wabup Adlin Tambunan Menyebut jika Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan yang memiliki struktur hingga tingkat desa/kelurahan, diharapkan  bisa menjadi organisasi pemuda terdepan sekaligus motor penggerak pembangunan.

“ Sebagai wadah berhimpunnya para pemuda, Karang Taruna diharapkan senantiasa dapat meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat. Mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral mempercepat pembangunan,” kata Wabup.

Wabup menjelaskan bahwa Karang Taruna harus terlibat aktif dalam setiap pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Selain itu, mampu menunjukkan perannya dan tegas memposisikan diri.

“ Karang Taruna harus tampil sebagai moderator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah sekaligus menjadi mitra strategis pemerintah desa dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat,” ujar Adlin Tambunan sembari menambahkan jika Karang Taruna harus memiliki tujuan yang sama dengan pemerintah yakni mengatasi berbagai permasalahan seperti sosial, ekonomi, lingkungan, peningkatan SDM, pembangunan dan lainnya.

Dalam pelaksanaan Temu Karya IV Karang Taruna Sergai ini, katanya lagi, nantinya dapat memilih dan menetapkan ketua kepengurusan Karang Taruna yang baru dan terus bersinergi dengan pemerintah, baik di kabupaten, kecamatan maupun desa/kelurahan untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang Mandiri, Sejahtera dan Religius,” ungkapnya.

Wabup Adlin Tambunan juga mengharapkan peran pemuda-pemudi Karang Taruna sebagai garda terdepan, bisa mengambil bagian di dalam pelaksanaan vaksinasi. Karena kita harus mencapai target vaksinasi sebesar 70%  hingga sampai 20 Desember 2021 mendatang.

” Dengan semangat gotong royong semoga bisa membawa keluarga serta masyarakat untuk divaksin demi terciptanya herd immunity dan terbebas dari pandemi,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan itu, Kadis Sosial, Arianto, S.Pd, M.Si, Camat Perbaungan, M.Fahmi S.STP, Sekretaris Karang Taruna Provinsi, Khoiruddin, Sekretaris Karang Taruna Sergai, A Sudiar dan seluruh pimpinan Karang Taruna kecamatan.  (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

684 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *