Kejar Target Vaksinasi, Pemkab Sergai Gelar Apel “Gempur Vaksinasi”

Sei Rampah,

Upaya Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk mencapai kondisi kekebalan komunal (herd immunity) lewat vaksinasi, terus digalakkan.

Ini terlihat dalam kegiatan “Apel Gempur Vaksinasi” yang dipimpin langsung oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya di lapangan apel Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (30/11/2021).

Di hadapan ratusan tenaga kesehatan Sergai, Bupati menyampaikan herd immunity bisa dicapai jika capaian vaksinasi sebesar 70% dari persentase penduduk yang jadi sasaran. Sergai sendiri, sebutnya, saat ini berada di angka 56%.

“ Apel gempur vaksinasi yang kita laksanakan pada hari ini bertujuan untuk menyatukan persepsi kita semua akan  pentingnya capaian target tersebut. Herd immunity bisa dicapai dengan keseriusan dan kerja keras stakeholder dan seluruh tim yang terlibat dalam program vaksinasi,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Bupati, Sergai tidak hanya melaksanakan vaksinasi terpusat di fasilitas kesehatan atau gerai vaksin, namun di saat yang sama juga menggiatkan vaksinasi dengan turun langsung ke masyarakat (door-to-door).

“ Dengan turun langsung ke rumah-rumah warga, ini bisa mengantisipasi warga pekerja harian yang dalam hal waktu akan kesulitan mengikuti vaksinasi. Tentunya dengan metode jemput bola ini, mereka akan dipermudah sekaligus di saat yang sama diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan persentase vaksinasi. Pihak terkait terus saling berkoordinasi, terutama pihak Bidan Desa dengan Kepala Desa sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan warga desa,” ucap Bupati lagi, sembari menambahkan jika Sei Rampah dan Perbaungan adalah dua kecamatan yang capaian vaksinnya perlu lebih ditingkatkan lagi, sehingga hal ini penting menjadi perhatian bersama.

Tak lupa Bupati Sergai menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait terutama tim vaksinator yang bekerja dengan keras dan sungguh-sungguh menyukseskan berjalannya program vaksinasi di Bumi Sergai.

“ Terima kasih kepada tenaga kesehatan yang ada di garda terdepan vaksinasi. Kalian sudah bekerja dengan keras dan tidak mengenal kata libur dalam menyasar warga yang jadi sasaran vaksin. Semoga hal ini tetap dapat dipertahankan demi memastikan herd immunity tercipta dan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini bisa segera bebas dari pandemi,” ucapnya.

Terakhir Bupati Sergai menyampaikan jika sudah dibuat rencana pengadaan reward kepada tenaga kesehatan jika target 70% peserta vaksinasi bisa dicapai.

“ Semoga ini bisa menjadi motivasi dan semangat tambahan bagi kita semua,” tandasnya.

Sementara itu Plt. Kadis Kesehatan Liagustina Simamora, SKM, melaporkan Gempur Vaksinasi akan melibatkan 700 tenaga kesehatan di mana 325 di antaranya adalah Bidan Desa.

“ Kegiatan ini akan serentak dilaksanakan mulai 6 Desember mendatang, tentunya berbarengan dengan pelaksanaan yang tetap berjalan di sentra vaksinasi seperti puskesmas atau gerai vaksin,” terangnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, para Kepala Puskesmas serta seluruh Tenaga Vaksinator Dinas Kesehatan dan Bidan Desa. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

17 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *