Sergai Gelar Fasilitasi Pembangunan Kawasan Perdesaan Tahun 2021

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya diwakili Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemum Kesra) Hj Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si membuka kegiatan Fasilitasi Pembangunan Kawasan Perdesaan bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (2/12/2021).

Mengawali sambutannya Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Asisten Pemum dan Kesra mengemukakan jika pembangunan kawasan perdesaan bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat desa melalui pendekatan partisipatif dengan mengintegrasikan berbagai kebijakan, rencana, program dan kegiatan para pihak pada kawasan perdesaan yang ditetapkan pada pengembangan potensi atau pemecahan masalah kawasan perdesaan.

“ Terbentuknya kawasan perdesaan dilakukan dengan pemetaan dan identifikasi potensi desa yang terdiri dari SDA serta SDM teknologi dan infrastruktur serta peluang pasar sehingga dapat dilakukan penyesuaian atas pengembangan potensi yang dimiliki kawasan perdesaan.

Ia menambahkan jika beberapa potensi desa di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat yang dapat kita kembangkan menjadi kawasan perdesaan yaitu wisata perikanan, pertanian, perkebunan dan peternakan serta lainnya.

Bupati juga memberikan apresiasi bagi pemerintah kecamatan serta Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan desa serta seluruh pihak yang terlibat dalam melakukan inventarisasi potensi desa.

“ Yang menjadi tujuan utama adalah terbentuknya 5 kawasan perdesaan di Kabupaten Sergai dapat tercapai sehingga akan menciptakan produk unggulan kawasan perdesaan demi terwujudnya Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera, dan Religius sekaligus kebersamaan dan kekompakan di segala aspek teknis dapat dilalui dengan baik,” pungkas Bupati.

Sebelumnya Panitia Pelaksana Kegiatan yang juga Sekretaris Dinas PMD, Sariful Azhar melaporkan bahwa kegiatan ini bertemakan “ Optimalisasi Pembangunan Kawasan Perdesaan yang Mandiri, Sejahtera dan Religius. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menentukan daerah/kawasan dan membentuk tim koordinasi pembangunan kawasan perdesaan guna meningkatkan kualitas pelayanan pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat desa menuju Kabupaten Sergai yang Maju Terus.

Hadir dalam kegiatan, OPD terkait, para Camat, Narasumber dan para peserta terdiri dari para Kepala Desa, Direktur BUMDes, BKAD dan Ketua BPD. MC Sergai/rini/ardi/chan/vivi/julia

22 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *