Berwisata di Pantai Romantis (Romance Bay)

Salah satu objek wisata di Kabupaten Sergai yang memiliki daya tarik wisata yang cukup potensial adalah Pantai Romantis atau sering juga disebut dengan Romance Bay. Tempat ini dibuka pada tahun 2013 oleh masyarakat sekitar, di mana pada awalnya kawasan ini hanya lautan lepas yang dijadikan masyarakat sekitar sebagai tempat untuk menangkap ikan. Objek wisata Pantai Romantis banyak dikunjungi oleh wisatawan yang kebanyakan adalah wisatawan lokal. Jumlah pengunjung yang datang ke Pantai Romantis pada hari biasa sebanyak 100-150 orang, sedangkan pada akhir pekan jumlah pengunjung bisa mencapai 300-500 orang.

Aksesibilitas menuju lokasi Pantai Romantis bisa dikatakan cukup memadai. Luas/lebar badan jalan dapat dilalui bus pariwisata, kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Akan tetapi kondisi jalan belum bisa dikatakan baik karena masih banyak terdapat lubang. Jalan tersebut belum menggunakan bahan hot mix, tetapi masih menggunakan aspal biasa. Untuk menuju lokasi Pantai Romantis yang berada di Jl. Pantai Tengah, Desa Sei Nagalawan, Perbaungan dapat ditempuh dengan waktu dua jam dari pusat kota Medan dengan jarak ± 60 km.

Pantai Romantis memiliki panorama yang indah, hamparan pasir putih yang bersih, pohon pinus yang ditanam, dan ditata dengan rapi dipinggir pantai membuat suasana Pantai Romantis menjadi sejuk dan terlihat indah. Disamping itu adanya tumbuhan mangrove yang harus dilewati oleh wisatawan untuk menuju bibir pantai membuat Pantai Romantis semakin mempesona.

Sarana Prasarana Pendukung di Pantai Romantis

Mushola

Untuk mendukung perkembangan kawasan Pantai Romantis, pihak pengelola juga sudah menyediakan Mushola yang dapat digunakan untuk beribadah oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Romantis

Toilet

Untuk mendukung perkembangan kawasan Pantai Romantis menjadi salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Kabupaten Serdang Bedagai, pembangunan sarana prasarana seperi toilet sangat diperlukan. Untuk itu di Pantai Romantis sudah terdapat toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung. Toilet yang ada di Pantai Romantis cukup bersih karena airnya yang bersih dan mengalir tampa tersumbat. Untuk menjaga kebersihan toilet, pihak pengelola sudah menyediakan keranjang sampah di setiap toilet

Rumah Makan

Untuk menunjang perkembangan kawasan Pantai Romantis, pihak pengelola sudah menyediakan rumah makan yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan dalam hal makanan dan minuman. Universitas Sumatera Utara

Pondok

Pengelola kawasan Pantai Romantis juga menyediakan pondok yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Pondok yang terdapat di Pantai Romantis didesain dengan suasana romantis dan dilengkapi dengan sofa sehingga pengunjung mendapatkan kenyamanan dan dapat menikmati liburan di Pantai Romantis.

Jembatan Hias

Untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Pantai Romantis, Pihak pengelola selalu melakukan terobosan baru. Salah satu contoh yang dilakukan oleh pengelola adalah membangun jembatan yang didesain dengan suasana romantis yang dapat dilewati oleh pengunjung untuk menuju bibir pantai.

 

Terdapat Berbagai Fasilitas Tempat Foto Menarik

Kawasan Pantai Romantis juga menyediakan berbagai ornamen tempat berfoto yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengabadikan liburannya di Pantai Romantis.

Selain berbagai fasilitas tersebut, masyarakat sekitar kawasan objek wisata Pantai Romantis berperan dalam upaya pengembangan Pantai Romantis. Adapun upaya yang sudah dilakukan masyarakat lokal antara lain membentuk kelompok Sadar Wisata, memberikan masukan kepada pihak pengelola untuk peningkatan dan pengembangan objek wisata Pantai Romantis dan memberikan pelayanan dan informasi kepada wisatawan.

(Sumber: “Potensi Kepariwisataan Pantai Romantis Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sekitar Di Kabupaten Serdang Bedagai” oleh Poltak Hutagalung)

10.317 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *