TP2DD Sergai Ikuti Asistensi Pengisian Indeks IETPD

Sei Rampah,

            Dalam rangka mendukung pengisian Indeks Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) sesuai dengan arahan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian perihal Pelaksanaan Survei Indeks IETPD Semester II 2021, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengikuti asistensi pengisian data Indeks IETPD dalam Sistem Informasi Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (SIP2DD) yang dilaksanakan secara virtual di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (28/12/2021).

            Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya lewat Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Sosial (Ekbangsos) Drs. Nasrul Azis Siregar, menjelaskan, sesuai dengan Keputusan Bupati No. 254/18.34 tahun 2021, untuk mendorong inovasi, mengakselerasi, dan memperluas pelaksanaan Indeks IETPD guna meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan serta mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas, transparansi, serta optimalisasi daerah dan kesehatan fiskal, maka perlu dibentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

            Asisten Ekbangsos menyebut, ada 5 tugas utama TP2DD, yaitu melakukan pengumpulan data dan informasi perkembangan transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah baik yang dilakukan secara tunai maupun nontunai. Kedua, melaksanakan analisis dan identifikasi hambatan dan permasalahan terkait Elektronifikasi Transaksi Pemerintah yang terkait dengan informasi dan/atau data, inovasi dan teknologi, infrastruktur, ketentuan dan koordinasi. Keempat, menyusun rekomendasi kebijakan, strategi dan rencana aksi terkait Elektronifikasi Transaksi Pemerintah dengan memperhatikan arah kebijakan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah yang ditetapkan oleh Kelompok Kerja Nasional Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah atau Pemerintah Pusat. Terakhir, menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas TP2DD secara berkala kepada Kelompok Kerja Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

            Ia menambahkan, IETPD ini sangat bermanfaat dalam rangka optimalisasi transaksi belanja dan pendapatan daerah serta pembayaran di masyarakat secara non-tunai yang berbasis digital.

            Dirinya berpesan agar seluruh OPD terkait dapat menjalin sinergi guna mendukung percepatan dan pengoptimalan elektronifikasi Pemkab Sergai.

            “ Transaksi non-tunai ini dalam lingkup internal akan membantu untuk aliran transaksi yang didukung bukti-bukti yang sah, pengendalian kas dan mewujudkan tertib administrasi atas pengelolaan kas, menghasilkan laporan posisi kas secara ril, belanja lebih efektif serta pola penyerapan anggaran lebih optimal, teratur dan terukur,” jelasnya.

            Dalam kegiatan ini, asistensi pengisian IETPD dilaksanakan oleh Bank Indonesia lewat perwakilannya Siti Senorita Pritaningrum dan Erni Winarni.

            Hadir dalam kegiatan ini hadir pula Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ir. Prihatinah, M.Si, para Kepala OPD dan perwakilan OPD terkait. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

1.390 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *