Berwisata ke Pantai Pematang Matik

Sebagai wilayah yang memiliki area pesisir yang cukup luas, maka otomatis Sergai dianugerahi berbagai destinasi pariwisata bahari yang menarik, terutama areal pantai yang membentang cukup panjang. Hal ini tentu menjadi potensi besar yang bisa terus dimaksimalkan lewat berbagai pengembangan dan inovasi, apalagi di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan, dilakukan banyak pembangunan infrastruktur. Faktor tersebut bisa diintegrasikan dengan pengembangan pariwisata lokal dan tentunya harapan tersebut bisa terlaksana apalagi di tengah mulai bangkitnya perekenomian pasca membaiknya situasi pandemi di Sergai.

            Salah satu destinasi unggulan wisata bahari di Sergai adalah Pantai Pematang Matik. Pantai Pematang Matik terletak di Desa Lubuk Saban Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara. Pantai Pematang Matik ini berjarak 57,3 km dari Kota Medan, dengan waktu tempuh 2 jam mengendarai kendaraan bermotor. Pantai Pematang Matik juga terkenal sebagai salah satu tempat pariwisata dan rekreasi bagi warga kota medan dan sekitarnya. Masyarakat yang bermukim di sekitar pantai Pematang Matik ini umumnya bekerja sebagai nelayan, yang kehidupannya bergantung pada sumberdaya alam di perairan pantai Pematang Matik.

            Pengujung yang berangkat dari Pusat Kota Medan akan menempuh waktu perjalanan darat selama satu jam tiga puluh menit untuk tiba di lokasi Pantai Pematang Matik. Untuk masuk ke Pantai Pematang Matik pengunjung cukup membayar tiket masuk untuk dewasa Rp 15 ribu dan untuk anak-anak Rp 5 ribu. Jadi tunggu apalagi, bagi anda pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, dan kekasih, bisa singgah ke Pantai Pematang Matik dan rasakan keasyikannya.

            Pantai ini masih bernuansa alami karena belum banyak bangunan permanen di lokasi. Pantai matik-matik ini selalu ramai setiap akhir pekan. Harga tiket masuk yang cukup terjangkau membuat kawasan ini jadi tempat favorit keluarga. Pohon-pohon waru yang tertanam di tempat ini membuat lokasi pantai menjadi sejuk.  Anda akan betah berlama-lama karena lokasinya juga cukup indah dengan kehadiran pohon pinus yang tumbuh dengan tertata rapi. Pemandangan laut lepas serta pasir putih yang luas membuat yang datang kesini merasa nyaman. Apalagi sepanjang pinggiran pantai bisa berfoto dengan berlatarbelakang kan hijaunya pepohonan.

            Di Pantai Pematang Matik juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan, seperti tempat jual makanan, toilet, musala, dan tempat istirahat, yang tentu membuat liburan sangat mengasyikan. Di sekitar pantai Pematang Matik ditemukan nelayan maupun masyarakat yang menangkap kepah untuk kebutuhan rumah tangga ataupun pemenuhan kebutuhan pasar. Di perairan pantai Pematang Matik terdapat musim kerang, karena diketahui banyak melimpah pada bulan Juni hingga Agustus.

            Banyak orang yang sengaja datang ke lokasi untuk mencari kerang dan langsung dimasak dan dimakan di lokasi pantai. Hal ini bisa menjadi tantangan baru untuk anda mengetahui bagaimana mencari kerang secara langsung. Rasa kerang tentu akan terasa berbeda jika begitu didapat dari laut langsung disantap di lokasi. Jika ingin menyantap kerang tanpa mencari bisa membelinya dari para warga yang sengaja mencari. Kerang hanya bisa didapat di lokasi jika memang lagi musimnya. Banyak pengunjung yang diakhir pekan datang dengan membawa peralatan dapur ke lokasi. Hal ini lantaran di lokasi ada juga nelayan yang menjual ikan segar untuk dipanggang atau digoreng.

            Selain bisa diolah sendiri pengunjung juga bisa meminta bantuan dari pemilik warung yang ada di lokasi dengan harga upah masak yang masih cukup terjangkau….(Berbagai sumber/ISL).

3.522 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *