Yok Ke Sergai, Ada Pantai Pondok Permai

Serdang Bedagai (Sergai) merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang terkenal akan wisata alam dan baharinya. Kabupaten yang memiliki garis pantai sepanjang 95 km2 ini, memiliki potensi pariwisata yang sudah terkenal.

Beberapa potensi pariwisata yang terkenal tersebut menyangkut beberapa objek wisata seperti Hutan Mangrove, Kampoeng Nipah di Kecamatan Perbaungan, Pulau Berhala yang terdapat di Kecamatan Tanjung Beringin. Selain beberapa objek wisata tersebut, Kabupaten Sergai juga memiliki potensi pariwisata yang cukup baik untuk dikembangkan yaitu Pantai Pondok Permai.

Dinamakan Pantai Pondok Permai, karena pantai ini memiliki sentuhan khas budaya melayu dengan perpaduan nuansa romantis yang beragam corak dan pondok-pondok yang berwarna-warni di sekitaran kawasan pantai. Objek wisata ini awalnya, hanya kawasan lautan lepas yang dijadikan masyarakat sekitar sebagai tempat untuk menangkap ikan, namun pada tahun 2008, melihat potensi yang ada di pantai ini, masyarakat sekitar menjadikan kawasan Pantai Pondok Permai sebagai kawasan wisata bahari.

Pantai yang terletak di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin ini memiliki daya tarik bagi wisatawan seperti suasana pepohonan cemara yang asri, deburan ombak yang cukup deras, pasirnya yang putih, dan kuliner seafood yang lezat. Letak geografis Pantai Pondok Permai berjarak 64 km dari kota Medan, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih selama 2 jam perjalanan.

Aksesibilitas menuju Pantai Pondok Permai bisa dikatakan cukup memadai. Jalan yang tersedia mampu dilalui berbagai jenis kendaraan, seperti mobil pribadi, motor, hingga bus pariwisata.

Untuk transportasi umum seperti angkot, becak dan bus yang menuju ke kawasan Pantai Pondok Permai sulit ditemukan sehingga kebanyakan para pengunjung menggunakan kendaraan pribadi. Fasilitas kepariwisataan yang terdapat di Pantai Pondok Permai di antaranya sudah tersedianya restoran, pondok/rest area, mushola, area parkir, toilet, tempat sampah, spot untuk berfoto dan banana boat/ferri boat.

Beberapa fasilitas yang disediakan pengelola cukup memadai dan dirasa nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pondok Permai baik pada saat ramai maupun tidak ramai seperti fasilitas area parkir, restoran dan mushola.

Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan masukan untuk semakin mengembangkan potensi pariwisata Pantai Pondok Permai.

Pengembangan Pantai Pondok Permai sebagai daya tarik wisata harus melibatkan berbagai pihak yang saling terkait satu dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan yaitu masyarakat sekitar, pihak pemerintah serta pihak swasta. Perlu juga dilakukan peningkatan fasilitas di tempat wisata Pantai Pondok Permai seperti, membangun tempat penginapan agar wisatawan dapat menginap di lingkungan daya tarik wisata.

Selanjutnya perlu juga dilakukan peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengunjung agar pengunjung ingin berkunjung kembali misalnya, keramatamahan terhadap pengunjung. Terakhir, perlu adanya promosi yang serius agar pantai ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi daya tarik bukan saja bagi wisatawan lokal Sergai, namun juga jadi pilihan wisata bagi warga luar kabupaten.

Sebagai wilayah yang memiliki area pesisir yang cukup luas, maka otomatis Sergai dianugerahi berbagai destinasi pariwisata bahari yang menarik, terutama areal pantai yang membentang cukup panjang. Hal ini tentu menjadi potensi besar yang bisa terus dimaksimalkan lewat berbagai pengembangan dan inovasi, apalagi di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan, dilakukan banyak pembangunan infrastruktur. Faktor tersebut bisa diintegrasikan dengan pengembangan pariwisata lokal dan tentunya harapan tersebut bisa terlaksana apalagi di tengah mulai bangkitnya perekenomian pasca membaiknya situasi pandemi di Sergai……..(berbagai sumber / ISL)

4.360 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *