Mampir ke Pantai Bali Lestari

 Terdapat objek wisata yang menjadi daya tarik di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yaitu Pantai Bali Lestari. Dinamakan Pantai Bali Lestari, karena pantai ini memiliki gapura yang mirip seperti di daerah Bali dan dekorasi khas suasana Bali, yaitu adanya payung-payung kecil di setiap tempat duduk yang ada di pinggir pantai, pepohonan yang ada juga dihias dengan sarung Bali bermotif hitam putih kotak kotak membuat kita merasa sedang berada di Bali.

Di Pantai Bali Lestari juga terdapat payung-payung warna-warni yang digantung tepat di atas jalan menuju pantai seakan payung-payung melayang dan terdapat ukiran–ukiran relief unik yang menghiasi dinding-dinding sekitar pantai dan taman.

Pada awalnya, Pantai Bali Lestari merupakan pantai yang bernama Pantai Lestari Indah. Pantai Lestari Indah ini dulunya di kelola oleh pemilik pantai ini sendiri yaitu Bapak Ngadimin selama 6 (enam) tahun. Namun, pada tanggal 12 Februari 2015 pantai ini diresmikan dan berganti nama menjadi Pantai Bali Lestari yang dikelola oleh Bapak Asiang. Dilakukan sewa pakai lahan oleh Bapak Asiang yang merupakan pengelola Pantai Bali Lestari kepada Bapak Ngadimin selaku pengelola pantai terdahulu dan masih menjadi pemilik lahan pantai hingga sekarang. Lahan ini disewa Bapak Asiang selama 5 (lima) tahun. Dengan perubahan nama tersebut, Pantai Bali Lestari mengubah suasana seperti di Bali, yang memang bertujuan awal agar masyarakat Medan dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Dewata untuk merasakan suasana pantai di Bali yang terkenal. guna meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan menambah sumber mata pencaharian masyarakat sekitar.

Jarak dari ibu kota Medan menuju Pantai Bali Lestari sekitar 64 Km atau kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil melalui Jl. Lintas Timur Sumatera. Dengan melewati Tanjung Morawa – Lubuk Pakam – Simpang Pantai Cermin – Pantai Bali Lestari.

Pantai Bali Lestari terletak di Desa atau Kelurahan Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin. Atau lebih jelasnya, Pantai Bali Lestari berada di Jl. Mayjen H. T. Rizal Nurdin. Pantai Bali Lestari secara geografis dan administrasi terletak pada posisi 20 57” – 30 16” Lintang Utara hingga 980 33” – 990 Bujur Timur. Pantai Pantai Bali Lestari terletak di pesisir Timur pulau Sumatera. Pantai Bali Lestari dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Pantai Bali Lestari dibagi menjadi beberapa area yaitu area parkir yang luas dan berukuran sekitar kurang lebih 1 Hektar sangat memungkinkan untuk menampung kendaraan pengunjung yang datang dalam jumlah besar. Area parkir yang ditata cukup rapi dikarenakan tempat parkir mobil dan motor terpisah. Area makan (restoran) dalam ruangan dan luar ruangan, beberapa spot bagus untuk berfoto dan area wahana bermain yang menyediakan permainan air seperti banana boat dan speed boat.

Terdapat juga pondok-pondok kecil dan joglo untuk bersantai bersama keluarga. Wisatawan juga menikmati sajian makanan laut dan buah kelapa muda yang segar sambil menikmati keindahan laut. Pantai Bali Lestari sebagai pantai yang memiliki suasana Bali sungguhan hingga dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung sekaligus merealisasikan harapan wisatawan yang ingin merasakan suasana Bali tanpa harus pergi ke Pulau Dewata karena jarak dari Medan ke Bali yang cukup jauh dan memakan biaya yang tidak sedikit.

Restoran di Pantai Bali Lestari juga memiliki area yang sangat terbuka (restoran bagian luar), berada tepat di pinggir pantai dan tidak memiliki atap namun hanya dihias oleh payung-payung kecil dan dilengkapi dengan kursi-kursi plastik. Hal ini membuat wisatawan tidak dapat menggunakan area restoran yang sangat terbuka ini apabila turun hujan. Tersedia juga beberapa pilihan menu seafood sebagai menu andalan di sini dan aneka minuman beserta jajanan-jajanan seperti aneka sate, es krim dan gorengan yang ditawari oleh pedagang-pedagang yang ada di sana.

Minuman yang menjadi favorit disini adalah kelapa muda yang diminum langsung dari buahnya. Serta terdapat beberapa stand yang menawarkan dagangan berupa cendera mata, aneka baju kaos, keripik, aneka aksesori dan kacamata. Dengan manajemen yang baru terserbut, pengelola Pantai Bali Lestari cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari ramainya wisatawan yang berkunjung, pada awal pembukaannya mencapai hingga 22.000 wisatawan mancanegara dan domestik per bulan. Pada bulan-bulan selanjutnya mencapai 10.000 wisatawan mancanegara dan domestik perbulan (sebelum pandemi). Dengan besarnya jumlah wisatawan yang datang, pengelola mampu menangani dan menyediakan fasilitas yang cukup.

Fasilitas Pantai Bali Lestari

  1. Pondok dan Joglo. Seperti pantai pada umunya yang identik dengan adanya pondok-pondok yang berada di pinggir pantai, di Pantai Bali Lestari juga terdapat pondok yang berukuran 2×2 m untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati hembusan angin laut bersama keluarga. Selain pondok, disediakan juga joglo yang dihias dengan tirai di sisi nya dengan ukuran yang lebih besar
  2. Restoran. Pantai Bali Lestari memiliki area restoran yang cukup luas. Restoran ini terdiri dari area dalam yang memiliki atap dan area luar yang berada tepat di pinggir pantai. Di area dalam restoran didekorasi dengan hiasan kain khas Bali yang bermotif kotak-kotak, terdapat beberapa kursi dan meja yang terbuat dari plastik, konter atau tempat pembayaran makanan, dapur, dan panggung yang berukuran lumayan besar beserta speaker yang digunakan sebagai area hiburan bagi pengunjung seperti yang ingin berkaraoke. Wisatawan juga disuguhkan alunanalunan lagu khas Bali di restoran area dalam ini. Di area luar restoran terdapat banyak kursi dan meja yang terbuat dari plastik dan tepat berada di bawah pepohonan yang juga dihias dengan kain khas Bali, di setiap mejanya dihias dengan payung-payung kecil yang memiliki pernak-pernik. Namun, apabila hujan turun, area luar restoran ini tidak dapat digunakan. Di restoran Pantai Bali Lestari ditawarkan menu andalan yaitu berbagai macam olahan seafood dan minuman khasnya yaitu kelapa muda yang dinikmati langsung dari buahnya.
  3. Parkir. Pantai Bali Lestari memiliki lahan parkir yang cukup luas berukuran sekitar 1 Hektar lebih dan mampu menampung sekitar 3.000 kendaraan. Lahan parkir nya tertata rapi karena area parkir untuk motor dan mobil yang terpisah. Pada saat akan memasuki area parkir, pengunjung akan diberikan tiket di pintu masuk
  4. Musholla. Di Pantai Bali Lestari juga disediakan fasilitas tempat ibadah untuk umat Muslim (musholla). Musholla terletak tidak jauh dari dari area parkir, dan ketika akan menuju pantai, maka kita akan terlebih dahulu melewati musholla ini. Tepat di sebelah musholla terdapat tempat pengambilan air wudhu yang dipisah antara pria dan wanita.
  5. Kamar mandi. Kita akan menemui kamar mandi yang disediakan di Pantai Bali Lestari ini setelah melewati musholla dan tempat mengambil air wudhu, dan kamar mandi ini letaknya tidak jauh dari tempat mengambil air wudhu. Kamar mandi ini juga dapat digunakan untuk wisatawan yang ingin mandi dan membersihkan diri setelah bermain air di pantai. Kamar mandi ini bersih dan dipisah antara pria dan wanita.
  6. Anek jajanan. Selain makanan berat dengan menu andalan seafood yang disediakan oleh restoran Pantai Bali Lestari, wisatawan juga akan disuguhkan berbagai jenis cemilan yang ditawarkan para pedagang asongan. Adapun cemilan yang ditawarkan seperti aneka sate-satean, jagung dan kacang rebus, kembang gula, gorengan, ceker ayam, jangek hingga kincir angin untuk anak-anak. Selain pedagang asongan juga terdapat beberapa pedagang yang menjajakan dagangannya di bawah tenda-tenda menggunakan meja (stand). Dagangan yang dijajakan seperti cendera mata, aneka baju kaos, keripik, aneka aksesori dan kacamata. Kita akan menjumpai stand-stand ini terlebih dahulu sebelum area restoran dan pantai.
  7. Spot Foto. Sudah pasti yang menjadi daya tarik wisata di Pantai Bali Lestari adalah spotspot fotonya yang bernuansa khas Bali. Adapun spot-spot foto yang ada di sini seperti adanya beberapa gapura di tempat-tempat tertentu sepertii di pinggir pantai, ukiran relief yang berada di tembok-tembok, dan payung-payung yang digantung di sepanjang taman yang banyak digemari oleh wisatawan. Semua spot foto yang ada di Pantai Bali Lestari ini tidak pernah sepi dan selalu ada saja wisatawan yang bahkan mengantri agar bisa berfoto di spot-spot foto yang disediakan…….(berbagai sumber / ISL)
25.671 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *