Wabup Sergai Hadiri Soft Launching Gedung Pengadilan Negeri Sei Rampah

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, hadir dalam Soft Launching gedung Pengadilan Negeri Sei Rampah, yang dilaksanakan di Sei Rampah, Senin (10/1/2022).


Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengungkapkan, saat ini masyarakat Sergai telah boleh berbangga dengan berdirinya gedung Pengadilan Negeri Sei Rampah yang tampak megah yang tak kalah dengan gedung Pengadilan Negeri kabupaten kota lainnya di indonesia.


Dengan adanya kantor Pengadilan Negeri Sei Rampah ini, dirinya berharap, agar diperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Sergai, terutama bagi para pencari keadilan tanpa biaya yang besar.

“Di lingkungan masyarakat, tentunya tidak terlepas dari permasalahan. Permasalahan dihadapi sampai yang menimbulkan pertikaian dan menjadi kasus atau perkara, baik yang merupakan perkara pidana atupun perdata, sehingga diharapkan dapat segera ditangani dan diadili secara adil dan diputuskan yang menjadi kewenangan kantor Pengadilan Negeri ini, kecuali jika undang-undang menentukan lainnya yang harus sampai ketingkat yang lebih tinggi lagi,” papar Wabup lagi.

Dalam kesempatan ini, Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pengadilan Negeri Sei Rampah yang telah aktif selama ini dalam menyelesaikan permasalahan ataupun pertikaian di tengah masyarakat sehingga menjadikan Kabupaten Sergai ini damai dan Maju Terus, serta dapat saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan Pemkab Sergai.

“Semoga koordinasi dan kerjasama yang selama ini yang sudah terjalin dapat semakin kita tingkatkan di masa masa yang akan datang. Harapan kita bersama semoga visi Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahjtera dan religius, dapat segera kita wujudkan bersama. Saya yakin adanya Pengadilan Negeri Sei Rampah ini dapat menyelesaikan pertikaian yang ada, sehingga semakin dirasakan dan berguna bagi masyarakat dalam menciptakan Sergai yang aman, damai dan kondusif,” tandasnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Hakim Agung sekaligus Pelaksana Tugas Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, Dr. H. Prim Haryadi, SH, MH, menyampaikan apresiasi atas berdirinya gedung Pengadilan Negeri Sei Rampah ini.


Ia optimis, pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan akan semakin optimal dengan berdirinya gedung ini.

“Semoga keberadaan gedung baru ini dapat meningkatkan kinerja dan memberikan manfaat yang luas khususnya di wilayah Kabupaten Sergai, yang dikenal dengan semboyan yang sangat bagus yaitu Tanah Bertuah, Negeri Beradat. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam berdirinya gedung ini sampai dengan selesai,” ucapnya.

Ketua Pengadilan Negeri Sei Rampah Rio Barten T.H., SH, MH, menyebut agar kiranya gedung baru ini dapat diterima oleh masyarakat Sergai sebagai suatu karya dari Mahkamah Agung.


“Ini merupakan sebuah langkah dari Mahkamah Agung untuk mewujudkan prinsip Good Governance dan meningkatkan pembangunan masyarakat Kabupaten Sergai,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan operasional masih berjalan di kantor yang lama dan pelan-pelan akan dilaksanakan transisi perpindahan setelah kegiatan soft launching hari ini.

“Kami menargetkan dalam waktu sesegera mungkin melakukan perpindahan barang inventaris dari kantor sementara dan dapat secara penuh bisa beroperasi di gedung ini, pada bulan Januari ini juga,” terang Rio Barten.

Kegiatan soft launching ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon dan peletakan batu pertama Mushala Al-Muhajirin yang dibangun di bagian belakang Gedung Pengadilan Negeri Sei Rampah. Mushala ini dibangun dengan dana swadaya dan ditujukan untuk melengkapi sarana ibadah dan bentuk layanan maksimal kepada masyarakat penggunan pelayanan.

 
Hadir dalam kegiatan ini Ketua Pengadilan Tinggi Medan Dr. Robinson Tarigan, S.H, M.H, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Medan Andreas Purwantyo Setiadi, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Pakam Rosihan Juhriah Rangkuti, S.H, M.H, unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana, S.Sos, M.Si, para Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (MC Sergai).

Teks/Editor: Ardi/Rini Ry

Liputan : Irfan

Admin : Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *