Tempat Wisata Baru Pemandian Alam Di Desa Tinokkah

Pemandian alam Tinokkah berada di Desa Tinokkah Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Desa Tinokkah ini letaknya tepat di arah utara Kecamatan Sipispis. Pemandian alam Tinokkah ini adalah tempat wisata baru di Sergai, yang menjadi salah satu pilihan destinasi bagi masyarakat ketika liburan tiba atau saat akhir pekan. Wisata pemandian ini masih alami dan bersih, sejauh mata memandang tidak ada sampah yang tercecer di sekitaran pemandian, sehingga membuat wisatawan yang berkunjung menjadi betah lama-lama berada di lokasi wisata tersebut.

            Wisata ini merupakan wisata pemandian alam air sungai. Air sungai itu sendiri mengalir cukup tenang dan tidak begitu dalam, sehingga sangat cocok liburan di sini karena tidak membahayakan bagi kita, bebatuan yang ada di area sungai tersebut juga sangat tertata rapi bahkan seperti dibuat tangan sendiri loh. Di Desa Tinokkah juga terdapat air terjun, namanya air terjun Sigiutan. Air terjun yang jatuh dari ketinggian tebing dan kemudian menyatu dengan air sungai. Wisata pemandian alam ini penuh dengan petualangan. Nah, tentu ini sangat cocok buat para wisatawan yang menyukai dan memiliki jiwa petualangan.

            Rute perjalanan untuk sampai ketempat wisata pemandian alam Tinokkah yaitu jika diambil dari lokasi Sei Rampah dan Tebing Tinggi akan memakan waktu lebih kurang 1,5 jam atau dengan jarak tempuh 76 km untuk bisa sampai ke air terjun Sigiutan. Harga tiket masuk yang tergolong murah dan terjangkau, membuat wisata alam ini selalu dibanjiri pengunjung setiap akhir pekan. Cukup dengan biaya retribusi sekitar Rp.2000/orang dan biaya parkir Rp.5000/unit, kita sudah bisa menikmati keindahan alam yang masih asri.

            Desa Tinokkah adalah Desa yang jarang dilalui transportasi kendaraan umum, untuk itu dianjurkan kepada pengunjung agar menggunakan transportasi kendaraan pribadi, serta lokasi parkir juga cukup luas di bagian atas. Tak banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di wisata pemandian alam ini.

            Air terjun Sigiutan memiliki ketinggian air lebih kurang lebih 7-8 meter, debit airnya juga tidak terlalu besar dan air terjun ini sangat dingin dan sejuk karena air terjun ini berasal dari hutan yang masih alami. Air terjun dan pemandian alam yang ada di Desa Tinokkah masih dikelilingi hutan yang masih rimbun. Jadi, wajar saja belum banyak masyarakat yang tahu jika ada tempat wisata di Desa Tinokkah yang seindah ini.

            Di pemandian alam Tinokkah, pengunjung yang tidak ingin basah-basahan, bisa juga hanya menjulurkan kaki menikmati dinginnya air sungai dengan memanfaatkan bebatuan sambil duduk bersantai dan mengabadikan foto di lokasi pemandian alam tersebut.

            Air terjun yang sangat dingin nan jernih, sangat cocok untuk menyegarkan badan apa lagi saat musim panas, tentu membuat wisatawan tak sabar untuk menjegurkan diri ke sungai. Bagi pengunjung yang ingin membangun tenda di pinggiran sungai untuk waktu bersantai dan berteduh juga bisa loh, dan disarankan kepada pengunjung yang ingin membangun perkemahan, sebaiknya membawa perlengkapan outdoor sendiri. Di sini juga belum banyak yang berjualan alias terbatas, fasilitas di sini belum cukup memadai dan seadanya saja.

            Nah, itu dia pemandian alam yang ada di Desa Tinokkah Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai. Keindahan alam yang belum banyak dikenal orang. Yuk, warga Sergai kita tunjukkan pesona alam yang ada di Desa Tinokkah kepada masyarakat yang belum mengetahuinya………(berbagai sumber / ISL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *