Hadiri Syukuran di Kotarih, Wabup Minta Warga Jaga dan Rawat Jalan

Kotarih,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, untuk kesekian kalinya hadir dalam acara syukuran sekaligus peresmian ruas jalan. Kali ini, Wabup datang dalam syukuran dan peresmian jalan yang digelar di Dusun 2 Desa Sialtong, Kecamatan Kotarih, Jumat (14/1/2022).

Membuka sambutannya, Wabup Adlin Tambunan menyampaikan pembangunan infrastruktur jalan punya manfaat yang sangat besar dalam dimensi kehidupan masyarakat. Dengan terbukanya akses jalan, Wabup menyebut akan berdampak terhadap peningkatan dan kemudahan mobilitas masyarakat. Pada akhirnya, dirinya meyakini hal ini akan menghasilkan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi rakyat.

“Dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, juga jadi bukti jika pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat,” tegas Wabup.

Namun seperti di banyak kesempatan lainnya, Wabup Adlin Tambunan kembali mengingatkan pentingnya bagi masyarakat untuk menjaga dan merawat hasil pembangunan. Bagi Wabup, pembangunan yang tidak diikuti dengan komitmen untuk merawat hasilnya, maka pada akhirnya akan berakhir sia-sia.

“Kita tentu ingin fasilitas jalan ini bisa dipakai untuk jangka waktu yang panjang supaya kemanfaatannya bisa kita rasakan lebih lama. Untuk itu saya imbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga jalan ini. Misalnya saja dengan mengawasi maksimal tonase kendaraan yang melintas,” ujar Wabup lagi, sambil menambahkan agar seluruh warga desa menanamkan rasa memiliki jalan supaya timbul rasa bertanggungjawab untuk menjaganya.

Tak hanya perihal merawat dan menjaga hasil pembangunan, di kesempatan yang sama Adlin Tambunan juga mengingatkan supaya warga sebagai pengguna jalan memperhatikan keamanan dalam berkendara.

“Jalan yang mulus jangan malah menjadi godaan bagi kita untuk kebut-kebutan. Ini penting sekali, karena keamanan dalam berkendara akan berpengaruh pada kenyamanan para pengguna jalan. Apalagi kontur jalan di sini berkelok-kelok. Jangan sampai ada korban kecelakaan karena kelalaian kita,” katanya lagi.

Kesempatan ini juga dipakai oleh Wabup untuk mengapresiasi warga Kotarih yang telah menyukseskan program vaksinasi. Hal ini, tuturnya, dibuktikan dengan angka capaian vaksinasi yang sudah menembus angka 100%, bahkan untuk vaksin tahap II telah mencapai 70%. Wabup juga berterima kasih atas partisipasi masyarakat pada vaksinasi merdeka anak yang hanya dalam waktu seminggu dapat menyentuh 50% sasaran.

“Semoga capaian Kecamatan Kotarih bisa ditiru oleh kecamatan-kecamatan lain dan target vaksinasi untuk skala kabupaten mampu tercapai sesegera mungkin,” harap Adlin Tambunan.

Mewakili warga, Sariman Barus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Sergai atas pembangunan fasilitas jalan yang melewati desanya. Petani berusia 70 tahun ini mengaku, sejak lama bermukim di Dusun 1 Desa Sialtong, baru kali ini dia menikmati kondisi jalan yang mulus.

“Pembangunan fasilitas jalan ini tentu akan berdampak besar terhadap perekonomian warga,” yakinnya.

Adapun pembangunan ruas jalan ini bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang pembangunannya mulai dari jalan Simpang Kotarih sampai dengan Hutagaluh sepanjang 3.707 M x 3.5 M.

Acara syukuran ini kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita dan dirangkaikan dengan potong tumpeng serta kegiatan ramah tamah.

Syukuran ini juga dihadiri oleh OPD terkait, Camat Kotarih, Kapolsek Kotarih dan 11 Kepala Desa di wilayah administratif Kotarih.

Teks/Editor : Ardi/ Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *