Pemkab Sergai Adakan 3 Tes Bagi Balon Kades se-Sergai

Sei Rampah,

            Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dihelat Maret 2022, Pemkab Sergai mengadakan serangkaian tes terhadap para Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) yang mulai dilaksanakan hari ini, Selasa (18/1/2022), di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

            Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nina Deliana, S.Sos, M.Si saat membuka kegiatan menjelaskan jika tahapan ini merupakan amanat dari Surat Bupati Sergai No. 18.18/410/340/2022 perihal Pelaksanaan Tes Psikometri, Wawancara, dan CAT.

            “ Ada 3 tahapan tes yang akan dijalani oleh para Balon Kades. Yang pertama tes psikometri yang dilaksanakan pada hari ini. Kedua tes wawancara yang dihelat besok di tempat yang sama. Terakhir ujian tertulis melalui CAT, yang pelaksanaannnya pada kamis 19 Januari, di beberapa titik yaitu SMP Negeri 1 Sei Rampah, SMP Negeri 1 Sei Bamban, SMP Negeri 1 Perbaungan, dan SMP Negeri 1 Pantai Cermin,” ungkap Bupati.

            Bupati melanjutkan, mekanisme ini merupakan upaya menjaring dan menyaring calon Kades yang berkualitas serta memenuhi persyaratan.

            “ Dari tahapan ini akan dilihat internalisasi 4 pilar kebangsaan yaitu kesetiaan terhadap Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka tunggal Ika, sebagaimana tercantum pada Peraturan Daerah Kabupaten Sergai Nomor 2 tahun 2021 tentang pemilihan Kepala Desa dan pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang kemudian akan diperoleh Calon Kepala Desa yang berkualitas baik dari sisi jiwa kepemimpinan maupun wawasan kualitasnya,” tambah Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati.

            Sebelumnya dalam laporannya, Kepala Dinas PMD Sergai Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, menyatakan tahapan ini dilaksanakan dengan maksud agar para bakal calon Kepala Desa dapat lebih memahami pemerintahan desa dan memiliki kemampuan kognitif sebagai seorang pemimpin desa.

            “ Kemudian kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengukur pemahaman para Balon Kades, kemudian tingkat pengetahuan para Balon Kades, tentang pemerintahan desa dan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar berjalan sesuai koridor, sehingga nantinya dapat memperoleh calon Kades yang berkualitas baik dari sisi jiwa kepemimpinan maupun wawasan intelektualnya,” sebutnya.

            Kegiatan ini diikuti oleh 310 orang Balon Kades di mana terdapat sebanyak 102 desa dan 16 Kecamatan (kecuali Kotarih) yang akan mengikuti Pilkades untuk periode 2022-2028.

            Hadir dalam kegiatan ini Kakan Kesbangpol M. Kahar Efendi, S.Sos, Kepala Bagian Hukum Abdul Hakim Sorimuda Harahap, SH dan Tim Seleksi dari Lembaga Permata PYSCHO CONSULTANT Medan. (MC Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps

 Admin : Julia

776 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *